KONI Kota Medan Bangga Sport Centre, Jadi Spirit & Motivasi Bekerja Menuju Prestasi

Ketua Umum KONI Kota Medan Drs Eddy H Sibarani

sentralberita|Medan~Ketua Umum KONI Kota Medan Drs Eddy H Sibarani mengaku senang dan bangga, karena Sumatera Utara bakal memiliki kompleks olahraga representatif dengan  dibangunnya Sport Centre Sumatera Utara sebagai bagian persiapan PON XXI, yang peletakan batu pertama pembangunannya berlangsung medio Agustus lalu.

Pembangunan Sport Centre Sumut menjadi spirit baru dan motivasi untuk terus bekerja dan berprestasi. Kita tentu gembira dengan bakal hadirnya kompleks olahraga terpadu dalam persiapan PON XXI Tahun 2024 mendatang.

Apalagi hal ini selaras dengan Renstra KONI Medan 2020-2024 yang fokus mensukseskan dan meraih prestasi di gelaran PON XXI di mana Sumut menjadi tuan rumah bersama Aceh.

Hal itu dikatakan Eddy Sibarani di ruang kerjanya Kantor KONI Kota Medan, Jl. Stadion, Teladan, Selasa (25/8).

“Renstra sebagai rencana strategis KONI Kota Medan adalah blue print atau arah kebijakan dalam empat tahun ke depan. Yang menjadi rujukan dalam mewujudkan visi dan misi KONI Kota Medan, salah satu di antaranya adalah meraih prestasi di PON XXI nanti,” tambahnya.

Menurut Ketua Umum KONI Kota Medan, dengan berdirinya sport centre maka nantinya Sumatera Utara bakal menjadi salah satu provinsi terdepan dalam hal sarana pembinaan dan prestasi.

“Sport Centre Sumatera Utara adalah cita-cita kita bersama, dengan terwujudnya sport centre maka harapan agar Sumatera Utara sukses penyelenggara dan prestasi pada PON 2024 bisa kita realisasikan,” ujarnya lagi.

Kawasan olahraga terpadu Sport Centre Sumut seluas 300 hektar berlokasi di desa Sena, Kec. Batang Kuis, Kab. Deliserdang, tepatnya di jalan arteri menuju bandara Kualanamu.

“Menilik lokasi yang sangat strategis, dan juga setelah melihat maket Sport Centre Sumatera Utara ketika berlangsungnya groundbreaking oleh Gubsu Edy Rahmayadi beberapa waktu lalu, kita semua tentu optimis, kompleks sarana olahraga ini bakal menjadi ikon baru yang membanggakan,” ucap Eddy Sibarani yang juga ikut hadir menyaksikan peletakan batu pertama bersama beberapa Ketua KONI Kab/Kota di Sumut.

“KONI Kota Medan mendukung penuh pembangunan dan realisasi Sport Centre Sumut, dan berharap pembangunannya bisa berjalan sesuai jadwal. Nanti, dengan rampungnya pembangunan, maka Sumut bersanding dengan provinsi lain di Tanah Air yang sudah punya kawasan sport centre terpadu,” papar dia.

Menurut Eddy Sibarani lagi, memiliki memiliki sarana olahraga berstandar internasional memang merupakan impian dan cita-cita warga Sumut semua.

“Dengan adanya sarana ini, tentu juga semakin membangkitkan minat masyarakat untuk berolahraga. Selain bisa juga menjadi destinasi wisata baru karena dilengkapi fasilitas penunjang lain, lokasinya yang strategis dan tidak begitu jauh akan mudah dijangkau dari Kota Medan. Apalagi nantinya sport centre ini akan dilengkapi dengan pusat bisnis, rekreasi dan juga rumah sakit,” tuturnya.

“Konsep dan disainnya sangat mengesankan. Di mana dibagi atas tiga zona, yakni zona olahraga, komersial, dan zona pendukung, termasuk rumah sakit dan wahana permainan serta museum, mall serta lainnya. Nanti akan ada stadion sepakbola berkapasitas 75 ribu tempat duduk atau terbesar kedua setelah GBK di Jakarta,” ungkap Eddy.

Eddy Sibarani juga menyebut Kota Medan, sebagai ibu kota provinsi, mendapat imbas dari terpilihnya Sumut menjadi tuan rumah PON 2024. Karena sebagai tuan rumah bersama, akan ada sekitar 30 cabor dipertandingkan di Sumut dan tidak semuanya tertampung di Sport Centre Sumut.

“Yang jelas, pada gelaran PON nanti, Kota Medan ikut diuntungkan, di antaranya beberapa venue pertandingan tentu berlangsung di kota ini. Selain juga menjadi pilihan tempat penginapan kontingen, serta ikut menggerakkan perekonomian masyarakat,” sebutnya.

“Kota Medan tentu juga harus ikut berbenah dalam hal kesiapan sarana. Seperti halnya KONI Kota Medan yang telah memulai mempersiapkan atlet untuk PON XXI nanti.

Para atlet telah kita saring dari hasil Porwil Kota Medan dan juga Porkot Kota Medan untuk PON 2024. Di samping juga atlet-atlet yang sudah dipersiapkan bersama kontingen Sumut untuk PON XX di Papua tahun depan. Kita butuh kerja keras untuk merealisasikan sukses pelaksanaan dan prestasi di PON XXI nanti ,” ungkap Eddy lagi. (__)