Kapoldasu Ajak Masyarakat Cintai Mangrove Sejak Dini

sentralberita|Medan~Keberadaan hutan mangrove saat ini kondisinya nyaris hampir punah dalam mengaja wilayah perbatasan pulau di Indonesia.

Oleh karena itu, masyarakat diajak dari sejak dini untuk menjaga dan kembali melestarikan keberadan hutan mangrove.

Demikian ajakan itu disampaikan Kapolda Sumut, Irjen Pol Martuani Sormin, saat melaksanakan program penghijauan hutan mangrove di Danau Siombak, Rabu (12/8).

Dalam arahan, Martuani mengungkapkan keberadaan hutan mangrove memiliki nilai ekonomi karena batangnya dapat dijadikan arang. Selain itu, mangrove juga memiliki peran besar dalam menjaga lingkungan serta biota laut

“Namun keberadaan mangrove saat ini hampir punah karena ulah kita yang kurang peduli lantaran lebih memikirikan nilai ekonomi tanpa mau menanam kembali,” ungkapnya.

Martuani mengungkapkan, keberadaan hutan mangrove merupakan garda terdepan dalam menjaga keutuhan wilayah laut perbatasan NKRI. Sebab, apabila hutan mangrove ini punah maka wilayah perbatasan Indonesia dengan negara lainnya akan hilang.

“Pada kesempatan ini saya mengajak seluruh masyarakat menjalin sinergitas untuk mencintai negeri dengan cara menanam mangrove dalam upaya menjaga kelestarian lingkungan,” ungkapnya.

Diketahui, Polda Sumut memberikan bantuan ribuan pohon mangrove kepada para pecinta lingkungan di kawasan Danau Siombak dalam rangka Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-75.(SB/01)