Diduga “Tergiur” Program Bantuan Pelaku Usaha Mikro, Ratusan Masyarakat di Kabupaten Asahan Rela Antri di Bank

sentralberita|Kisaran~Ratusan masyarakat yang datang dari berbagai penjuru Desa dan Kecamatan di Kabupaten Asahan “memadati” berbagai Bank yang berada di Kota Kisaran.Kedatangan masyarakat yang tampak antri sejak pagi hari tersebut bertujuan untuk membuka tabungan terkait program bantuan pelaku usaha Mikro dari Kementerian Kopreasi di tahun 2020.

Pantauan sentralberita.com,Jumat (14/8/2020) di Bank BRI Cabang Kisaran dijalan Wahidin,ratusan masyarakat yang terdiri dari kaum pria dan wanita dari berbagai usia terlihat antri di depan Bank milik pemerintah tersebut.

Antrian massa juga terlihat di depan Bank Mandiri dan Bank Sumut Cabang Kisaran dijalan Cokro Aminoto,Bank BRI Unit di jalan Imam Bonjol Kisaran,Bank BRI Unit Terminal serta BRI Unit di jalan Kartini Kisaran.

Salah seorang pria yang mengaku bernama Dedek warga Pulo Bandering ketika ditemui sentralberita.com di depan Bank BRI Cabang Kisaran mengatakan kalau kedatangannya ke Bank milik Pemerintah tersebut adalah untuk membuka tabungan.

“Informasi yang kami terima dari pihak desa serta Kecamatan,saat ini ada program bantuan bagi pelaku usaha mikro dari pemerintah yang syarakatnya antara lain memiliki Rekening Tabungan,Nomor HP,KTP serta surat keterangan usaha yang dikeluarkan pihak desa atau kelurahan, karena aku belum ada tabungan ya terpaksalah aku buat.”Ujar pria yang mengaku datang dengan keluarganya yang juga mau membuka rekening tabungan.

Dijelaskannya,syarat lain yang harus dipenuhi mereka yaitu mengisi formulir permohonan pengusulan yang ditujukan kepada Bupati Asahan C/q Kepala Dinas Koperasi dan Perdagangan Kabupaten Asahan untuk diusulkan sebagai calon penerima program bantuan bagi pelaku usaha mikro.

Didalam surat permohonan itu memang dijelaskan kalau kami hanya mengajukan permohonan untuk diusulkan,karena diakhir dari surat permohonan itu ada pernyataan dari kami yang berbunyi,”Demikian permohonan program bantuan ini perbuat,kiranya bapak dapat mengusulkannya”.Terangnya.

Sementara itu, Severpisor Penunjang Operasional BRI Cabang Kisaran,Dedi Darmawan dalam keterangannya kepada awak media yang ditemui diruang kerjanya,Jumat (14/8/2020),mengatakan sesuai data nasabah yang membuka tabungan di Bank BRI Cabang Kamis (13/8/2020) kemarin sebanyak 112 Nasabah.Sementara untuk hari ini,Jumat (14/8/2020) sesuai dengan nomor antrian hingga pukul 11.30.Wib sudah ada 260 Nasabah yang mengantri.

Sesuai pemberitaan sebelumnya,masyarakat dari berbagai desa yang ada di Kabuparen Asahan merasa bingung dengan beredarnya lembaran blangko surat permohonan pengusulan program bantuan pelaku usaha mikro yang ditujuksn kepada Bupati Asahan C/q Kepala Dinas Koperasi dan Perdagangan Kabupaten Asahan karena tidak mengetahui asal anggaran serta jadwal pencairannya.

Sementara sesuai keterangan Kepala Dinas Koperasi dan Perdagangan Kabupaten Asahan Drs H.Witoyo,MM anggaran tersebut berasal dari APBN TA 2020 melalui Kementerian Koperasi dengan besar Anggaran Rp.28 Triliun dengan kuota sebanyak 12 juta Pelaku usaha Mikro dari seluruh Indonesia.

Dalam pemberitaan tersebut Witoyo juga menjelaskan kalau pihaknya hanya sebatas mengusulkan saja tanpa mengetahui jadwal realisasi pencairannya.(SB/ZA).