Cegah Covid, Kendaraan Masuk Kabupaten Pakpak Bharat Diwajibakan Masuk Bilik Disinfektan

sentralberita|Pakpak Bharat ~ Personil Polres Pakpak Bharat mewajibkan seluruh kendaraan sepeda motor maupun mobil masuk ke bilik disinfektan yang didirikan di posko perbatasan Kabupaten Pakpak Bharat.

Kapolres Pakpak Pharat AKBP Alamsyah P Hasibuan mengatakan, pihaknya yang melakukan penjagaan di pos perbatasan mengarahkan seluruh kendaraan yang akan masuk di ke wilayah Pakpak Bharat. Hal ini, sebutnya, guna memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

“Mengarahkan semua jenis kenderaan masuk ke bilik penyemprotan disinfektan,” sebut dia, Sabtu (29/8/2020) malam.

Kemudian, sebut dia, terhadap penumpang sepeda motor maupun mobil diwajibkan untuk cuci tangan. “Kemudian kita suruh turun dan dolakikan pengukuran suhu tubuh,” jelas dia.

Lalu, setiap warga yang masuk ke wilayah Kabupaten Pakpak Bharat dilakukan pendataan identitas. “Apabila hasil pemeriksaan suhu badan mencurigakan terindikasi terjangkit virus corona, yang bersangkutan dibawa ke Rumah Sakit Umum Daerah Pakpak Bharat,” ucapnya.

Menurut dia, ada tiga pos perbatasan yang didirikan di perbatasan Kabupaten Pakpak Bharat disertai dengan bilik disinfektan. “Pos perbatasan Kabupaten Dairi menuju Pakpak Bharat, pos perbatasan Kabupaten Pakpak Bharat – Subussalam dan pos perbatasan Kabupaten Dairi menuju Kabupaten Pakpak Bharat, Panjaratan,” teran Kapolres.

Kemudian, pihaknya juga melakukan patroli pendisiplinan protokoler kesehatan yang menghampiri sejumlah lokaso cafe, tempat hiburan malam, tempat olah raga, tempat hiburan tradisional dan tempat keramaian lainnya.

“Petugas patroli menemukan masyarakat berkumpul dan mengimbau untuk selalu memakai masker, jaga jarak dan sering cuci tangan.  Apabila tidak ada kegiatan yang sangat penting, kita mengimbau segera pulang ke rumah masing-masing. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi penyebaran virus Covid 19 di Kabupaten Pakpak Bharat,” tambahnya. (SB/01)