Aulia Rachman Harap Khitan Massal Kurangi Anak di Luar Rumah

sentralberita|Medan~Menghadiri kegiatan Khitan Berkah Kolaborasi 75 Anak di Sekretariat Bersama (Sekber) Rumah Kolaborasi Jalan Cut Mutia Medan, Selasa (25/8/2020).

Bakal calon Wakil Walikota Medan, Aulia Rachman berharap khitan massal ini dapat menekan anak-anak, agar tidak bermain di luar saat masa pandemi Covid-19.

“Karena memang saat ini dalam penelitian, kondisi pandemi Covid-19 sangat rentan pada anak-anak. Karena anak-anak ini imunitasnya naik turun, fluktuatif.

Apabila dia sunat, dia tentu tidak keluar,” ucap pasangan Muhammad Bobby Afif Nasution yang akan bertarung dalam Pilkada 2020, 9 Desember 2020 nanti ini.

Ketua Komisi II DPRD Kota Medan ini juga mengucapkan syukur karena kegiatan hari ini berjalan lancar. Menurut dia, kegiatan dilaksanakan dalam memeriahkan kemerdekaan RI yang ke-75.

“Alhamdulillah, anak-anak juga pada senang. Mungkin karena aktivitas anak-anak juga tidak terlalu padat di sekolah jadi antusiasme mereka tinggi. Bahkan cerita para orangtua, anaknya yang ingin khitan dan menawarkan diri,” tuturnya.

Sementara penanggungjawab Khitan Berkah, dr Faisal Arbi menuturkan untuk kegiatan khitan kali ini, 10 tenaga medis terlibat dengan menyiapkan dua sistem khitan. Yakni sistem konvensional dengan gunting dan sistem yang biasa dikenal di masyarakat laser atau cauter.

“Aplikasi tidak semuanya dilakukan ke pasien, harus melihat kondisinya. Selesai khitan, para orangtua akan diajarkan bagaimana cara pemberian obat dan etika konsumsi obat. Kalau ada keluhan atau gejala setelah sunat, akan kita rujuk ke faskes atau klinik setempat yang dekat dengan domisili si pasien,” tukasnya.(SB/01)