17 Organisasi Profesi Kesehatan Sumut Jadikan Momentum 17 Agustus Melawan Covid 19

sentralberita|Medan ~ Tujuh belas organisasi profesi kesehatan di Sumatera Utara berkomitmen melawan Covid 19.

Pernyataan bersama Kompak Melawan Covid 19 ” Sumut Sehat Bermartabat” tersebut sekaligus memperingati HUT kemerdekaan RI ke 75,Senin 17 Agustus 2920,di kantor DPW PPNI Sumut Jalan Asrama Medan.

17 Organisasi kesehatan Sumut tersebut,yakni Ikatan Apoteker Indonesia ( IAI),Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia,Persatuan Perawat Nasional Indonesia ( PPNI),Ikatan Dokter Indonesia ( IDI),Perhimpunan. Dokter Umum Indonesia ( PDUI),Persatuan Ahli Farmasi Indonesia ( PAFI),Ikatan Bidan Indonesia,Persatuan Radiografer Indonesia ( PARI),Ikatan Anestesi Indonesia,PTGMI,Persatuan Ahli Gizi Indonesia ( PERSAGI),Perhimpunan Fisioterapi Neurologi Indonesia ( PFNI),PATELKI,Persatuan Ahli Kesehatan Lingkungan Indonesia,PORMIKI,Ikatan Fisioterapi Indonesia dan IKATEMI.

Usai membacakan pernyataan bersama melawan Covid 19,ke 17 pimpinan Organisasi kesehatan Sumut tersebut selanjutnya membubuhkan tandatangan di atas spanduk dan Poto bareng.

Ketua DPW PPNI Sumut Mahsur Al Hazkiyani selaku inisiator pernyataan bersama ini mengungkapkan,HUT 17 Agustus ini adalah momentum kebersamaan diantara seluruh Organisasi Profesi Kesehatan di Sumatera Utara,dalam menyamakan persepsi,kerjasama untuk melawan Covid 19, dengan Pemerintah Propinsi dan seluruh elemen masyarakat.

“Mari kita jadikan momentum HUT 17 Agustus ini sebagai sarana menyatukan semangat dan kebersamaan,dalam rangka pencegahan Covid 19,tentunya bekerjasama dengan pemerintah propinsi dan segenap elemen masyarakat”,ajak Mahsur.

Disebutkan,saat ini garda terdepan pencegahan penyebaran virus Covid 19 bukan lagi di tangan dokter,perawat dan rumah sakit,tapi garda terdepan adalah masyarkat sendiri,karena itu dirinya menghimbau agar masyarakat selalu menggunakan masker dan mengedepankan pola hidup bersih dan sehat.

” Saat ini yang menjadi garda terdepan penyebaran virus Covid 19 adalah masyarakat,karena kesadaran masyarakat terkait penyebaran virus ini,dan menerapkan pola hidup bersih,itulah kunci menekan perkembangan penyebaran Covid yang makin marak akhir – akhir ini,sebut Mahsur.

Karena itu kata dia,sejalan dengan program pemerintah yang akan membagikan 5 juta masker,pihaknya akan terus melakukan terobosan – terobosan dengan bekerjasama dengan organisasi profesi kesehatan lainnya untuk terus melakukan upaya meminimalisir korban.

Mahsur juga mengungkapkan,ada 100 an lebih perawat di Sumut telah terpapar virus Covid 19.Karenanya ke depan ia berjanji,akan melakukan evaluasi bagaimana menekan angka tersebut.

” Jadi intinya kami akan terus membuat langkah-langkah bekerjasama dengan tim gugus tugas propinsi dan pemerintah bagaimana menekan penyebaran virus Covid ini”.katanya.

Terkait hal ini,Mahsur mengatakan DPW PPNI Sumut setiap hari Minggu membagikan secara gratis masker kepada warga masyarakat di lapangan Merdeka Medan.

” Itulah salah satu bentuk kepedulian kita,kita bagikan masker ke masyarakat secara gratis dan terus mengajak warga untuk peduli dan tetap menjaga pola hidup bersih”pungkasnya.(SB/FS)