TNI AU di Medan laksanakan Ziarah ke TMP Bukit Barisan Menyambut Hari Bakti TNI AU ke-73

sentralberita|Medan~Dalam rangka menyambut Hari Bakti  ke-73 TNI Angkatan Udara , segenap Prajurit TNI Angkatan Udara baik militer maupun PNS di kota Medan melaksanakan kegiatan ziarah dan tabur bunga di Taman Makam Pahlawan Bukit Barisan. Selasa (28/7/2020) Jam 8:00 WIB.

Upacara ziarah dipimpin langsung oleh Pangkosek Hanudnas III Marsma TNI  Esron Sinaga, dan dihadiri oleh Danlanud Soewondo, Kolonel Pnb JH.Ginting, Danwing III Paskhas, Kolonel Pas Deni Ramdani, para asisten Kosek Hanudnas III, para kepala dinas Lanud Soewondo, Danyonko 469 Paskhas, Letkol Pas Agus Yoga Permana.

Acara ziarah rombongan diawali dengan upacara dan penghormatan kepada para arwah pahlawan, dilanjutkan dengan mengheningkan cipta dan doa bagi arwah pahlawan, disusul dengan peletakan karangan bunga oleh pimpinan ziarah.

Kemudian kegiatan dilanjutkan dengan tabur bunga oleh pimpinan ziarah ke pusara para pahlawan dan pahlawan TNI Angkatan Udara lainnya dan diikuti oleh para peserta ziarah lainnya.

Salah satu pusara yang diziarahi adalah makam Kapten Kal. A. Rachman Ishad, merupakan ayahanda dari Gubernur Sumatera Utara, Letjend TNI ( purn ) Edy Rahmayadi, yang wafat pada tanggal 10 Mei 1995, lalu ada beberapa makam pahlawan lainya diantaranya adalah makam Hartolodiyo,

seorang anggota Kopasgas pada saat itu, gugur pada tanggal 18 Agustus 1989, Peltu Sugiman P, anggota Kopasgas yang gugur pada tanggal 23 Februari 1983, lalu ada Mayor ( purn ) H. Abu Syakir, seorang Pamen AURI ang wafat pada tanggal 2 Maret 1996, serta makam Kolonel ( purn ) H.A. Nawawi Thaib yang wafat pada tanggal 1 Oktober 1996.

Kegiatan ziarah ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan dalam rangka memperingati Hari Bakti ke-73 TNI Angkatan Udara, juga merupakan salah satu tradisi kejuangan yang rutin dilakukan prajurit TNI Angkatan Udara

sebagai bentuk penghormatan dan penghargaan atas jasa-jasa  para pahlawan yang telah gugur.  Melalui ziarah, diharapkan para generasi penerus dapat  mengenang kembali semangat perjuangan yang telah ditunjukkan  para pahlawan dan sekaligus mendoakan mereka.

Pangkosek Hanudnas III, Marsma TNI Esron Sinaga pada awak media disela kegiatan menjelaskan bahwa kegiatan ziarah ini merupakan bentuk penghormatan dan penghargaan pada arwah para pahlawan.

“Pada hari ini kita melanjutkan rangakaian kegiatan hari Bakti TNI AU ke 73, kegiatan hari ini fokus pada kegiatan ziarah ke taman makam pahlawan Bukit Barisan, dan puncaknya pada esok hari kita akan melaksanakan

upacara peringatan hari Bakti TNI AU secara bersamaan baik didaerah maupun dipusat yaitu di Yogyakarta, namun disatker-satker TNI AU  juga melaksanakan upacara sesuai arahan dari kepala staf angkatan udara”,ucap Pangkosek Hanudnas III. (SB/01/Pen LS).