Mayoritas Mesjid di Kota Medan Laksanakan Shalat Idul Adha & Qurban

sentralberita|Medan~Hari raya Idul Adha 1441 Hijriyah disambut dengan gembira oleh jutaan umat Islam Kota Medan dan sekitarnya, terbukti pada Kamis malam ini ,Gema Takbir berkumandang dari seluruh masjid dan Mushola yang ada di kota Medan .

Dari pantauan wartawan ,mayoritas masjid di kota Medan sudah siap akan melaksanakan Shalat Idul Adha 1441 Hijriah pada hari Jumat 31 Juli 2020 dan dilanjutkan dengan pemotongan hewan qurban,

Namun karena sholat Idul Adha jatuh pada hari Jumat ,sehingga berdekatan dengan waktu shikat Jumat, beberapa masjid akan melaksanakan pemotongan hewan qurban tidak pada hari Jumat, bahkan ada dilaksanakan hari Sabtu dan Minggu.

Dari data yang dihimpun, seperti di Masjid Ar Rivai Jalan Sisingamangaraja Medan akan melaksanakan salat Idhul Adha dengan Imam Ustad Abdul Rahman .SPdi (Imam besar Mesjid Ar Rivai) dengan khatib Dr.H.Muhammad Amar Adly.LC.MA (Ketua Komisi Fatwa MUI KotaMedan )

Di Mesjid Ar Rivai ini total hewan qurban 10 ekor sapi dan disembelih hari Sabtu pagi (1/8),ujar H Ikrom Helmi Nasution,Ketua Badan Kesejahteraan Mesjid,( BKM)Ar Rivai.。

Di Mesjid Raya Baiturrahman Jalan Merica Raya Prrumnas Simalingkar,shalat Ied akan diimami Ustad H.M.Mahya Nashuha,LC sekaligus sebagai khatib.

Menurut Ketua BKM Baiturrahman Perumnas,Simalingkar Drs,Suhery Siregar,usai sholat akan dilanjut pemotongan hewan qurban 9 Sapi dan 5 ekor Kambing.

Di Mesjid Al Hikmah Jl Bajak V Medan Amplas,menurut H Saidi.SE selaku Sekretaris BKM ,pihaknya akan melaksanakan Shalat Idhul Adha,1441,H dengan Imam dan Khatib Ustad Irwansyah Siagian,SHI M.Ag,kemudian selepas sholat Ied,akan memotong hewan qurban,yakni 18 sapi dan 8 kambing.

Sementara itu di Mesjid Salman Jl STM Kota Medan ,shalat Ied akan diimami Ahmad Khairi Novandra SH (Juara,I MTQ Indosiar tahun 2020 )debgan.khatib Ustad Syekh H Aspil Batubara.

Namun kata,Syahrial Pairun,Sekretaris BKM Salman,penyembelihan hewan qurban dilaksanakan hari Sabtu,dengan rincian 10 ekor sapi dan 10 ekor kambing.

Di Mesjid Asy Syafiiyah Jl Guru Sinumba Raya Medan,menurut Ketua BKM,Drs,H Eddy Syofian,sebagai Imam Al Hafidz Fahrur Rozi Nasution (Imam tetap dan Khatib Ustad Dr.H.Abdullah AS,Lc MA.

Sementara untuk pemotongan hewan qurban ,dilakukan hari Sabtu pagi,ada 18 hewan yakni 10 kambing dan 8 sapi berbobot 90-100 kg,ucap Eddy.

Selain itu pelaksanaan salat Idul Adha di Masjid Ar-Rahman Jalan Selamat Pulau Nomor 19 Medan, akan bertindak sebagai imam dan khatib Dr Mustafa Kamal Rokan MA dan pelaksanaan penyembelihan hewan qurban dilakukan selepas solat Idul Adha yakni 7 sapi dan 2 kambing.

Masih seputar pelaksanaan salat Ied dan pemotongan hewan kurban dilm Masjid Nurul Huda Jalan Letjen Jamin Ginting km 8 Medan akan menyembelih 7 sapi dan 12 kambing pada hari Sabtu pagi.。

Hal yang sama juga dilakukan oleh BKM Baiturrahman Jalan Dwikora 3 Marindal Medan ,meski hanya mushola dan tidak melaksanakan salat Ied, namun akan melaksanakan pemotongan hewan kurban yakni 4 sapi dan 4 ekor kambing pada hari Jumat pukul 9 WIB,ujar,H.Diurnawan.QP,Ketua BKM Baiturrahman Jl Dwikora III Medan.

Pemotongan hewan qurban juga dilakukan di sejumlah instansi pemerintah, diantaranya adalah Kanwil Kementerian Agama Sumut dan Kantor Kementerian Agama kota Medan .

Di kedua kantor Kementerian Agama ini, meski tidak melaksanakan salat Ied, namun akan menyembelih hewan qurban pada hari Ahad atau Minggu 1 Agustus 2020 di kantor Kanwil Kemenag Sumut ,ada 10 hewan sapi 3 diantaranya didistribusikan ke daerah minoritas dan terpencil di di Sibolangit Deli Serdang ,dan Sei Bingei Kabupaten Langkat Sumut.

Sedangkan pemotongan hewan kurban di kantor Kemenag Kota Medan dengan total 14 ekor sapi,dan Di UPT Asrama Haji Medan, juga tetap akan melaksanakan penyembelihan hewan qurban, pada hari Sabtu, yakni 5 ekor lembu, sebagaimana disampaikan Kepala UPT Asrama Haji Medan, Drs H.Ramlan Sudarto.(SB/DN)