Serta Ginting Nilai Marisi Butar-Butar dan Amri Siregar Bertangan Dingin Pimpin PTPN 2

sentralberita|Medan~ Ketua Umum Dewan Pimpinan Nasional Forum Komunikasi Purnakarya Perkebunan Nusantara (DPN FKPPN) Drs. HN Serta Ginting menilai,Amri Siregar dan Marisi Butar Butar bertangan dingin dalam memimpin, mengelola dan menyelesaikan berbagai persoalan yang selama ini mengendap dan tidak kunjung selesai di tubuh PTPN 2.

Sebab keduanya merupakan sosok yang sudah berpengalaman dan teruji di lingkungan perkebunan tersebut.

“Dalam kesempatan ini saya berharap besar kepada Kementerian BUMN RI untuk secara penuh memberikan dukungan kepada keduanya dalam menyelesaikan berbagai persoalan di BUMN Perkebunan yakni PTPN 2,”kata Serta Ginting (foto) dalam siaran persnya kepada wartawan, Selasa (30/6/2020).

Serta Ginting mengaku mengetahui benar kesuksesan Amri Siregar
saat menjadikan PTPN3 sebagai Champion PTPN dan masuk dalam jajaran BUMN terbaik pada saat beliau sebagai Direktur Kini, lanjut Serta, Amri

Siregar ditetapkan sebagai Komisaris Utama PTPN 2, begitu pula Marisi
Butar Butar yang oleh Kementerian BUMN diamanahkan sebagai Direktur
PTPN 2.

“Saya juga mengenal betul adinda Marisi Butar-butar dalam meniti karier dari bawah hingga menempati sejumlah jabatan penting di PTPN 3, juga dikenal betul bagaimana loyalitas beliau. Sebab saya saat itu sebagai Ketua Umum SPBUN tingkat Perusahaan PTPN3 maupun pada saat saya sebagai

Ketua Umum Federasi SPBUN seluruh Indonesia,”paparnya sembari menyampaikan selamat Amri Siregar sebagai Komisaris Utama
PTPN2 dan Saudara Ir. Marisi Butar Butar sebagai Direktur PTPN 2.

DIirektur PTPN 1

Pada kesempatan itu, Serta Ginting juga menyampaikan apresiasi kepada Ahmad Gusmar Harahap MM yang menduduki jabatan Direktur PTPN 1. Serta juga menila sosok Ahmad Gusmar Harahap sudah teruji kemampuanya dengan banyak menempati posisi strategis saat di PTPN 3.

“Sehingga saya yakin beliau banyak mengantongi resep jitu untuk menyelesaikan amanah yang diberikan dengan baik.

Karena itu sebagai Ketua Umum FKPPN saya minta kepada Ketua FKPPN Aceh agar mendukung dan terus berkoordinasi dengan Manajemen PTPN 1 yang sekarang dinahkodai oleh Adinda Ahmad Gusmar Harahap,”tegas Serta Ginting yang juga mantan Anggota DPR RI ini.

Lebihlanjut Serta Ginting menyampaikan keyakinannya khusus PTPN 1 dan PTPN 2 akan mampu bangkit dan menyelesaikan sejumlah permasalahan yang selama ini berlarut-larut tak kunjung selesai.

Sebab Serta mengaku selama ini banyak menerima keluhan dan pengaduan baik dari karyawan aktif maupun para Purnakarya dan pihak pihak yang peduli PTPN, diantaranya yang paling banyak adalah persoalan yang terjadi di PTPN 1 dan PTPN 2.

“Seperti kita ketahui bahwa belum lama ini telah terjadi demonstrasi besar para Purnakarya/Pensiunan PTPN 1 Aceh, yang menuntut penyelesaian sejumlah persoalan yang berkaitan hak hak para Purnakarya yang diabaikan atau belum diselesaikan sejak lama.

Begitu juga dengan persoalan persoalan yang banyak terjadi di PTPN2 Tanjung Morawa Sumut,”ucap mantan Wakil Ketua DPRD Sumut ini.

“Seperti persoalan berkurangnya lahan produksi akibat penyerobotan dan
penggarapan oleh pihak eksternal, persoalan hutang PTPN 2 yang menumpuk, persoalan rendahnya gaji pensiunan/purnakarya hingga paling tidak enak didengar telinga adalah persoalan tertundanya pembayaran Santunan Hari Tua (SHT) bagi para purnakarya/pensiunan.

Terus terang saya sangat kecewa selama ini dengan manajemen yang selama ini mendapat amanah sebagai Direksi ataupun Dewan Komisaris di PTPN 1 maupun PTPN 2 yang menurut saya belum serius menyelesaikan permasalahan tersebut sehingga menguap terus tak kunjung selesai,”katanya. (SB/01/mal)