Positif Bertambah, 3 dari 6 Orang Terpapar ASN di Sergai

sentralberita | Sergai ~ Tiga dari 6 orang yang dinyatakan positif terjangkit Virus Corona Diseas 2019 (Covid-19) merupakan Aparatur Sipil Negara (ASN) yang bertugas di Pemerintahan Kabupaten Serdang Bedagai (Pemkab Sergai).

Hal itu diungkapkan Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Sergai, Drs. H. Akmal, AP, M.Si (foto) lewat pesan Whats App, Minggu pagi (14/06/2020).

Dikatakan, perjuangan Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) Kabupaten Serdang Bedagai (Kab. Sergai) untuk mengakhiri tantangan pandemi masih terus berlanjut dengan kembali bertambahnya jumlah korban yang terjangkit di Sergai.

3 orang ASN dan 1 Tenaga Kontrak Pemkab Sergai, 1 warga kecamatan Perbaungan serta 1 orang warga Kecamatan Dolok Merawan dinyatakan terjangkit Covid-19, tulisnya.

Ketiga ASN masing-masing berinisial JRP, pria berusia 33 tahun warga Perbaungan, DCP, wanita berusia 33 tahun warga Sei Rampah, IH, pria berusia 39 tahun warga Sei Rampah dan 1 orang Tenaga Kontrak berinisial MRP, pria berusia 21 tahun yang berdomisili di Sei Rampah.

Sedangkan warga Kecamatan Perbaungan yang menjadi korban berinisial HS, wanita berusia 55 tahun yang juga merupakan Ibu dari korban

sebelumnya, inisial AS dan IS, yang saat ini dirawat di RS Colombia dan G.L. Tobing. Terakhir, seorang pria berinisial MG (35 thn) yang merupakan warga Dolok Merawan, jelas Akmal yang juga Kadis Kominfo Sergai ini.

Sesuai informasi yang ia dapat dari Kepala Dinas Kesehatan, dr. Bulan Simanungkalit, M.Kes, para korban merupakan kelompok yang masuk dalam daftar tracing dan telah menjalani prosedur pengambilan sampel swab.

3 ASN dan 1 Tenaga Kontrak, jelas Akmal merupakan kelompok hasil tracing dari riwayat kontak dengan korban yang sudah lebih dulu dinyatakan positif.

Hasil PCR test mereka kemudian dirilis hari ini dan ke-empatnya dinyatakan positif bersama dengan 1 orang warga Perbaungan inisial HS yang merupakan orang tua dari 2 pasien positif Covid-19 yang sampai saat ini sedang mendapat tindakan medis. Sedangkan untuk korban

inisial MG punya riwayat perjalanan ke Medan dan sebelumnya melaksanakan PCR test secara mandiri untuk keperluan pekerjaannya di Kalimantan. Hasil tesnya lebih dulu keluar pada Sabtu, (12/06), urainya.

Disebutkan, seluruh korban dalam keadaan sehat, tidak mengalami batuk, pilek demam atau gejala penyerta Covid-19 lainnya. Keseluruhan korban pun akan segera dirujuk ke RS. G.L. Tobing, Tanjung Morawa, untuk mendapat perawatan intensif.

“Tim Gugus Tugas lewat Dinas Kesehatan juga sedang menjalankan prosedur tracing bekerja sama dengan Puskesmas Perbaungan dan Sei

Rampah serta dibantu oleh Gugus Tugas Kecamatan dan unsur Forkopimca. Serangkaian protokol kesehatan juga akan dilaksanakan untuk meminimalisir penyebaran lanjutan,” sebutnya.

Akibat kejadian tersebut, Akmal menyatakan saat ini jumlah warga Kabupaten Sergai yang positif terjangkit Covid-19 menjadi 17 orang, dengan rincian 1 orang meninggal dunia, 3 orang sudah sembuh dan 13 orang

sedang dalam perawatan intensif di RS rujukan, yaitu masing-masing 1 korban di RS Columbia Medan, 1 di RS Komang Makes Belawan, 1 di RSUD Deli Serdang dan 10 di RS GL Tobing Tamora.(SB/jontob)