PGK Sumut: Pancasila Modal Indonesia Jika New Normal Diterapkan

Hendra Hidayat, Ketua PGK Sumut

sentralberita|Medan~Perkumpulan Gerakan Kebangsaan (PGK) Sumut menilai, Indonesia memiliki Pancasila untuk menghadapi berbagai persoalan.

Hal ini termasuk dalam menghadapi pandemi virus Corona atau COVID-19 seperti saat ini.

“Di momentum hari lahir Pancasila ini, kami ingin kembali mengingatkan bahwa Pancasila ini masih sangat kuat menjadi penopang Indonesia, termasuk berbagai masalah seperti pandemi virus Corona ini,” tutur ketua PGK Sumut Hendra Hidayat, Senini (01/6/2020).

Hendra menyebut Pancasila akan menjadi modal bagi Indonesia jika new normal mulai diterapkan.

Untuk itu, Hendra meminta agar masyarakat terus menjadikan Pancasila sebagai dasar hidup meski adanya persoalan seperti pandemi virus Corona.

“Karena nilai-nilai Pancasila ini sangat berfungsi dalam menghadapi berbagai persoalan termasuk pandemi dan rencana new normal, sudah selayaknya kita memperkokoh nilai-nilai Pancasila ini di dalam kehidupan kita,” jelas Hendra.

Hendra menjelaskan, nilai-nilai yang terkandung di dalam Pancasila jika diterapkan dengan baik akan memudahkan Indonesia dalam menghadapi pandami Corona.

Dia mencontohkan sila ketiga Pancasila yakni Persatuan Indonesia. “Sila ke tiga saja misalkan, persatuan Indonesia.

Hal ini jika kita jalankan dengan benar, pasti tidak akan ada masalah yang timbul meski pandemi ini,” kata Hendra.(SB/01)