Bangunan Tanpa SIMB Menjamur di Inti Kota Kisaran

salah satu bangunan di jalan Pondok Indah Kelurahan Sei Renggas Kecamatan Kota Kisaran Barat yang tidak memiliki SIMB

sentralberita|Kisaran~Diduga akibat tidak adanya ketegasan dari pihak terkait, saat ini di inti kota Kisaran khususnya yang berada di Kecamatan Kota Kisaran Barat menjamur bangunan yang tidak dilengkapi dengan

Surat Ijin Mendirikan Bangunan ( SIMB ) bahkan melanggar Peraturan Bupati ( Perbub ) Nomor 1 Tahun 2012 tentang Garis Sempadan Bangunan ( GSB ).

Hal itu terbukti dengan kembali ditemukannya 3 bangunan yang tidak di lengkapi dengan SIMB masing-masing Satu unit bangunan permanen di jalan Pondok Indah Kelurahan Sei Renggas Kecamatan Kota Kisaran Barat,

Satu unit bangunan ruko bertingkat di jalan Malik Ibrahim Kelurahan Kisaran Baru serta Tiga unit bangunan Ruko bertingkat yang berada di jalan Cokro Aminoto Kelurahan Mekar Baru Kecamatan Kota Kisaran Barat.

“Sesuai data yang ada di dinas perijinan, sampai saat ini ke tiga bangunan tersebut belum ada memilki SIMB.” Ujar Kasi Perijinan tertentu Dinas Perijinan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Asahan Ahmad Asroful Anwar kepada sentralberita.com saat dihuhungi via Celuller,Kamis (18/6/2020).

Lebih jauh Asroful menjelaskan, untuk tiga bangunan ruko yang berada di jalan Cokro Aminoto Kelurahan Mekar Baru Kecamatan Kota Kisaran Barat pemiliknya telah mengajukan permohonan untuk SIMBnya, akan tetapi

hingga saat ini pihaknya belum ada mengeluarkan ijinnya disebabkan bangunan tersebut di bahagian depannya telah melanggar Perbub Nomor 1 Tahun 2012 tentang Garis Sempadan Bangunan (GSB).

Sementara untuk bangunan Satu unit ruko yang berada di jalan Malik Ibrahim Kelurahan Kisaran Baru serta Satu unit bangunan di jalan Pondok Indah Kelurahan Sei Renggas Kecamatan Kota Kisaran Barat menurut Asroful pemiliknya sama sekali belum ada mengajukan permohonan untuk SIMB nya.

“Untuk tiga unit bangunan ruko yang dijalan Cokro Aminoto Kelurahan Mekar Baru Kisaran Barat pemiliknya sudah ada mengajukan permohonan,namun belum kami keluarkan SIMB nya karena bangunan di

bagian depannya sudah melanggar GSB dan sudah perintahkan untuk dibongkar dulu baru dikeluarkan SIMBnya dan untuk bangunan yang di jalan Malik Ibrahim walaupun sudah kita berikan peneguran hingga kini belum juga ada mengajukan perohonan.” Terang Asroful.

Sementara itu Camat Kecamatan Kota Kisaran Barat,Agus Putra Jaka Ginting yang dikonfirmasi sentralberita.com mengakui kalau ke tiga

bangunan tersebut tidak memiliki SIMB.”Benar bang sampai hari ini bangunan-bangunan itu belum ada SIMB nya,tapi permasalahan itu sudah masuk pembahasan kita bang.”Aku Ginting.

Sedangkan Plt.Kasat Pol PP Kabupaten Asahan Sopyan Manulang saat ditemui di depan Joglo Pendopo Rumah Adat Jawa,Rabu (7/6/2020) kemarin,ketika di minta tanggapanya terkaìt ditemukannya bangunan yang tidak memiliki ijin tersebut,belum berani memberikan jawaban.

“Nanti kita tinjau langsung ya.” Ujarnya.

Pada pemberitaan sebelumnya disebutkan ada 2 unit bangunan di jalan Pramuka Kelurahan Tebing Kisaran Kecamatan Kota Kisaran Barat tidak memiliki SIMB serta satu unit bangunan rumah pribadi milik Bupati Asahan H.Surya,Bsc SIMB nya dibuat setelah pelaksanaan pembangunan sudah mencapai 70 persen.(SB/ZA).