Anggrek Tercantik di Dunia dengan Ragam Warna

sentralberitaJakarta~Anggrek adalah salah satu tanaman hias yang cukup populer dan sering ditanam di rumah-rumah. Anggrek sendiri diketahui memiliki sekitar 30.000 varietas dengan ragam corak, warna dan keunikannya masing-masing.

Berikut adalah 10 macam anggrek tercantik yang bisa Anda tanam untuk mempercantik teras serta halaman rumah Anda.

  1. Anggrek cattleya

adalah salah satu macam anggrek dengan ciri khas warna kelopak yang mencolok. Warnanya yang terang ini membuat anggrek cattleya cukup disukai oleh para pecinta anggrek.

Anggrek cattleya berasal dari Kosta Rika, Amerika Tengah. Anggrek cattleya tidak suka berada di bawah sinar matahari sepanjang hari. Untuk itu, jangan lupa untuk memindahkannya apabila matahari sudah terasa menyengat. Spektrum warna bunga anggrek cattleya juga sangat luas, mulai dari kuning hingga keunguan.

  1. Anggrek Dendrobium

Anggrek dendrobium adalah salah satu macam anggrek hias yang biasa dimiliki oleh orang-orang yang memulai mengoleksi anggrek. Anggrek dendrobium adalah jenis anggrek yang biasa dijadikan sebagai tanaman hias di dalam ruangan Ukuran bunga dari anggrek dendrobium tidak terlalu besar, namun jumlahnya cenderung banyak.

Hal ini membuat anggrek dendrobium disukai oleh para pecinta anggrek. Anggrek dendrodium termasuk jenis anggrek epifit dengan tipe batang simpodial.

  1. Anggrek Vanda

Anggrek vanda adalah salah satu macam anggrek golongan tercantik yang dapat Anda koleksi untuk kebuh dan halaman rumah Anda. Jenis anggrek vanda adalah salah satu anggrek yang paling digemari oleh orang-orang dan para pecinta anggrek.

Hal ini karena anggrek vanda memiliki corak yang cantik. Tak heran jika anggrek vanda menjadi anggrek yang wajib dikoleksi dan pasti ditemui apabila Anda kebetulan mengunjuni kebun pecinta anggrek.

Anggrek vanda sendiri memiliki kurang lebih sekitar 80 spesies, dengan ragam warna, bentuk, karakteristik, keunikan, serta ciri khasnya masing-masing.

  1. Anggrek Phalaenopis

Anggrek phalaenopis adalah macam anggrek lainnya yang memiliki tampilan cantik. Anggrek phalaenopis sendiri terdiri dari kurang lebih 60 spesies, dengan salah satu spesiesnya yang paling terkenal adalah Phaleonopsis amibis.

Phaleonopsis amibis atau biasa dikenal dengan sebutan anggrek bulan adalah jenis anggrek endemik yang ada di hutan-hutan wilayah Indonesia.

  1. Anggrek Pacteilis Radiata

Anggrek pacteilis radiata adalah salah satu macam anggrek tercantik dan terunik di dunia, dilihat dari segi bentuknya. Anggrek pecteilis radiata yang lebih dikenal dalam dunia internasional dengan sebutan White Egret Orchid, memiliki bentuk yang sangat menonjol dari jenis anggrek lainnya.

Ciri khas anggrek pacteilis radiata terletak pada bentuknya yang mirip dengan seekor burung yang sedang terbang. Hal ini terlihat dari petal atau kelopaknya yang terbuka, seakan-akan membentuk kepakan sayang burung yang sedang terbuka, siap untuk terbang.

  1. Anggrek Laelia

Anggrek Laelia adalah macam anggrek selanjutnya yang memiliki tampilan cantik serta elegan. Ciri khas anggrek laelia adalah bentuk petal atau kelopaknya yang agak menggulung, membuat anggrek jenis ini nampak lebih ramping dari anggrek jenis lainnya. Dan hal ini jugalah yang menjadi salah satu daya tarik tersendiri dari anggrek laelia. Anggrek jenis ini tentu cocok untuk mempercantik halaman atau kebun bunga Anda.

  1. Anggrek Schomburgkia Exaltata

Anggrek Schomburgkia Exaltata adalah salah satu macam anggrek yang paling unik dan luar biasa dari segi bentuknya. Ciri khas anggrek jenis Schomburgkia exaltata membuatnya menjadi mudah dikenali sekaligus dikagumi.

Bagian petal atau kelopak anggrek Schomburgkia exaltata berbentuk seperti gerigi atau bergelombang memanjang, membuatnya nampak cantik sekaligus unik.

  1. Anggrek Miltonia

Anggrek miltonia adalah salah satu macam anggrek cantik yang mempunya ciri khas pada kelopak bunganya. Anggrek jenis miltonia memiliki bagian labellum atau lidah yang bercorak seperti batik, dengan warna yang kontras dengan sebagian kelopaknya yang lain.

Meski sekilas anggrek miltonia bercorak seperti batik, namun bunga anggrek jenis ini kenyataannya bukan berasal dari daerah Indonesia.

  1. Anggrek Oncidium

Anggrek oncidium adalah macam anggrek tercantik lainnya yang memiliki kelopak berwarna cerah. Macam anggrek oncidium berukuran tidak terlalu besar, dengan warna yang sangat mencolok dan menggugah perhatian.

Bunga anggrek oncidium biasanya memiliki pola belang berwarna kontras dengan latarnya. Warna yang bertabrakan inilah yang membuat anggrek oncidium menjadi unik, cantik dan memikat.

  1. Anggrek Hitam

Anggrek hitam adalah salah satu macam anggrek tercantik lainnya yang bisa Anda koleksi. Anggrek hitam memiliki nama Latin Coelogyne pandurate, dan merupakan jenis anggrek yang biasanya tumbuh di daerah Semenanjung Malaya, Kalimantan, dan Sumatera. Bunga anggrek hitam memiliki labellum atau lidah bunga yang berwarna hitam.

Anggrek hitam adalah maskot provinsi Kalimantan Timur, dan merupakan jenis anggrek yang dilindungi pemerintah. Hal ini karena keberadaannya yang sudah mulai langka, akibat penyusutan jumlah hutan di daerah Kalimantan yang berdampak pada pertumbuhan bunga anggrek hitam di habitat aslinya.(SB/01/Mc)