Usaha GoFood Dukung Bisnis UMKM Di Tengah Covid-19

sentralberita|Medan~Guna meredam dampak pelemahan ekonomi akibat pandemi Covid-19, GoFood hadirkan program Hari Kuliner Nasional (Harkulnas) untuk membantu ribuan UMKM menjaga keberlangsungan bisnisnya.

Head of Regional Corporate Affairs
Gojek wilayah Sumbagut Dian Lumban Toruan dalam siaran persnya diterima Jumat (17/5/2020) memenyebutkam program unggulan GoFood

yang telah memasuki tahun ketiga ini hadir sejak 1 April hingga 5 Mei 2020 dan diikuti oleh sekitar 4.000 UMKM kuliner di Medan, Padang dan Pekanbaru.

Selain mendukung usaha mitra UMKM, program ini menjadi salah satu solusi GoFood dalam menghadirkan kuliner bagi masyarakat saat mereka #dirumahaja sekaligus membantu menjaga penghasilan harian mitra driver yang mengantarkan makanan selama pandemi Covid-19.

Di masa pandemi Covid-19 ini, GoFood telah mendorong sejumlah upaya untuk mendukung penjualan harian mitra merchant UMKM. Program dukungan bagi mitra merchant tersebut antara lain:

  1. Memaksimalkan eksposur dan visibilitas untuk meningkatkan traffic serta potensi penjualan
    a. Penempatan merchant di in-app shuffle cards, promotile banner, dll
    b. Mengajak merchant mengikuti berbagai program promo seperti Hari Kuliner Nasional (Harkulnas) GoFood
    c. Memberikan voucher diskon ongkos kirim untuk menarik minat pelanggan memilih spesifik merchant
    d. Mengajak merchant membuat promo mandiri secara fleksibel melalui fitur Recommended Campaign (RC feature) di aplikasi GoBiz
  2. Jaga volume transaksi
    a. Menu “Traktir Driver Gojek” yang memberikan konsumen pilihan untuk berbagi dengan driver Gojek

Budianto Hariadi, Vice President Gojek wilayah Sumbagut mengatakan di tengah pandemi Covid-19, selain semakin menempatkan prosedur

keamanan dan kebersihan sebagai prioritas, kami terus mencari jalan agar mitra merchant GoFood yang 96 persennya adalah UMKM bisa terus memperoleh penghasilan untuk menjalankan usahanya.

“Kami melihat pandemi ini menimbulkan pergeseran pola konsumsi di mana yang biasanya pemesanan dilakukan di tempat (dine-in), sekarang cenderung bergeser ke pemesanan online sejalan dengan himbauan pemerintah untuk beraktivitas dari rumah,” kata Budi.

Sebagai pelopor festival kuliner online yang menjadi favorit masyarakat Indonesia, secara nasional Harkulnas GoFood tahun ini diikuti lebih dari 55.000 outlet merchant UMKM seluruh Indonesia dan menawarkan lebih

dari 183.000 menu kuliner dengan harga khusus. Tiap tahunnya, Harkulnas GoFood terbukti meningkatkan pendapatan mitra merchant. Harkulnas GoFood 2019 di Medan mencatat rata-rata transaksi setiap mitra merchant GoFood meningkat sebesar 23 persen.

Salah satu UMKM yang berpartisipasi di Harkulnas GoFood 2019 adalah Muhammad Hasan Basri pemilik outlet Pisang Pasir Wais di Medan yang mengaku outletnya mengalami kenaikan penjualan hingga 4 kali lipat dan masyarakat semakin banyak mengenal usahanya. (Wie)