Satu Orang Positif Jadi Titik Sebar Baru Covid-19,

dr Whiko Irwan


sentralberita||Medan~Juru bicara (Jubir) Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Sumut Whiko Irwan menyampaikan bahwa

satu orang saja yang terkonfirmasi positif dan memiliki riwayat kontak erat dengan orang sekitar, maka hal itu bisa menimbulkan titik sebaran Covid-29 yang baru.

“Setiap ada orang baru yang tertular virus corona, maka wabah Covid-19 akan diperpanjang masa keberlangsungannya. Penderita baru Covid-19 akan menjadi sumber baru penularan bagi orang-orang di sekitarnya,” jelas Whiko.

Pernyataan itu disampaikan Whiko saat memberikan keterangan terkait perkembangan penanganan Covid-19 Provinsi Sumatera Utara (Sumut) di Media Centre Kantor Gubernur, Jalan Pangeran Diponegoro 30 Medan, Sabtu (25/4) sore.

Karena itu, menurut Whiko, upaya menekan penyebaran Covid-19 terus dilakukan pemerintah bersama seluruh pihak masyarakat di semua daerah yang ada.

Karena itu Whiko menyampaikan kembali bahwa Covid-19 siap kapan saja dan menular kepada siapa saja yang potensial melalui saluran mata, hidung dan mulut, terutama yang tidak menjalankan upaya perlindungan

sesuai protokol kesehatan seperti menggunakan masker, menjaga jarak interaksi sekurangnya 2 meter, mencuci tangan dengan sabun serta menghindari keramaian/berkerumun. (SB/01)