Pemerintah Pastikan Kartu Prakerja Tepat Sasaran

Menteri Koordinator Perekonomian, Airlangga Hartarto


sentralberita|Jakarta~Pemerintah memastikan kartu prakerja bisa tepat sasaran atau diterima oleh masyarakat yang berhak.

Diantaranya pekerja harian, informal, dan usaha menengah kecil dan mikro (UMKM).

Menteri Koordinator Perekonomian, Airlangga Hartarto, mengatakan sasaran program ialah para pekerja yang terkena pemutusan hubungan kerja (PHK) dan dirumahkan selama pandemi corona.

Hal ini termasuk dalam pertanyaan saat proses pendaftaran yang dimaksudkan agar program tepat sasaran.

“Sasaran program ialah korban yang di-PHK dan dirumahkan. Ini menjadi pertanyaan yang ditanyakan saat pendaftaran,” ujarnya seperti dikutip dari Vidio.com, Sabtu (18/4).

Pemerintah juga akan memeriksa data pendaftar ke Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Apakah pendaftar sedang dalam proses bersekolah atau kuliah.

“Kemudian akan dicrosscheck dengan data yang ada di Kemendikbud apakah yang bersangkutan sedang bersekolah dan kuliah dan usia di atas 18 tahun.”

Terakhir, pemerintah akan memeriksa data di Kementerian Sosial apakah pendaftar telah menerima bantuan program jaminan sosial lain.

“Kalau mereka sudah mendapat program bantuan tidak berhak mendapat kartu prakerja.

Kartu prakerja didesain untuk pekerja yang belum terakses program kementerian lain seperti pekerja harian, informal, UMKM,” tandasnya.(SB/mc)