Kapoldasu: Jika Himbauan Tidak Dilaksanakan, Pembubaran Kerumunan Akan Dilakukan

sentralberita|Medan~Kapoldasu Martuani Sormin mengimbau agar masyarakat mengurangi kegiatannya di luar rumah. Jika tidak diperlukan, masyarakat diharuskan jangan keluar rumah.

Jika himbauan ini tidak dilaksanakan, menurut Kapolda, tidak menutup kemungkinan akan dilakukan pembubaran kerumunan yang tidak diperlukan.

“Saya mengimbau seluruh pihak kalau tidak diperlukan tidak usah keluar rumah.

Kalau ini diterapkan maka akan mengurangi penyebaran Covid-19 ini,” tegas Kapolda.

Hal ini disampaikannya pada rapat koordinasi penanganan Covid-19 di Sumut, Senin (23/3) di Pendopo Rumah Dinas Gubernur Jalan Sudirman 41 Medan.

Dalam pertemuan itu, diharapkan semua pihak terkait dapat membantu mengurangi keramaian agar Indonesia tidak serupa dengan Italia yang jumlah kasusnya sudah melebihi China.

Koordinator Lapangan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Sumut Handoyo mengatakan sampai saat ini kasus positif Covid-19 adalah kasus impor atau terinfeksi di luar Sumut. Belum ada kasus penularan lokal.

Untuk itu harus dilakukan pengurangan keramaian yang tidak diperlukan. “Pencegahan Covid-19 ini kita harus diam di rumah,” kata Handoyo.

Ketua Pelaksana Gugus Tugas Percepatan Pencegahan Covid-19 Sumut Riadil Akhir Lubis mengatakan Gubernur juga telah mengimbau penutupan sementara tempat operasional industri pariwisata.

Ini dilakukan agar mengurangi dampak penyebaran Covid-19.

“Kami minta dukungan TNI, POLRI dan Satpol PP terkait hal tersebut,” kata Riadil.(SB/01)