Apresiasi Keputusan Jokowi, Hasyim Desak Pemko Berikan Bantuan Kepada Masyarakat & Pekerja Harian

sentralberita|Medan~Ketua DPRD Medan , Hasyim ,SE meminta agar Pemerintah Kota (Pemko) Medan agar bisa transparan memberikan bantuan kepada masyarakat termasuk para pekerja harian yang merasakan dampak ekonomi akibat virus Corona atau Convid 19.

” Kita menyambut positif langkah yang dikeluarkan oleh Presiden Republik Indonesia , Jokowi untuk membantu masyarakat dan para pekerja harian yang terkena dampak dari Corona atau Convid 19.

Dalam hal ini kita mendesak dan meminta agar Pemko Medan dalam hal saudara Walikota Medan bisa menjalankan program pemberian bantuan ini secara transparan ,” kata Hasyim kepada wartawan , Kamis (26/3) via ponsel.

Sambung , Hasyim dengan langkah tersebut , maka masyarakat terutama pekerja harian bisa merasakan adanya manfaat bantuan dari pemerintah semuanya tidak terlepas akibat persoalan Corona yang terjadi saat ini sudah membuat pendapat ekonomi masyarakat terganggu.

” Harus kita sadari bersama akibat persoalan Corona atau Convid 19 ini masyarakat mulai dari pedagang , buruh pabrik dan mall yang selama ini

harus dirumah akibat adanya himbauan jelas akan adanya terjadi PHK , penarik betor hingga ojek online sebagai pekerja harian termasuk sahabat-

sahabatku wartawan benar-benar merasakan dampak dimana pendapat ekonomi sudah terganggu.

Atas dasar ini saudara Walikota harus benar-benar jeli mendata warganya ,” ucap Hasyim.

Ia berharap agar dalam sistem pendataan warga harus melibatkan para Camat,Lurah hingga Kepala Lingkungan (Kepling) seraya berharap agar disetiap wilayah yang dilakukan pendataan bisa menyampaikan data yang valid.

” Kita tidak ingin adanya bantuan ini menimbulkan gejolak seperti dalam penyaluran bantuan yang selama ini sudah dijalan yang seluruhnya tidak merata baik Bantuan Tunai Langsung (BLT) dan lainnya.

Dan kami sebagai anggota DPRD setiap adanya pertemuan selalu menerima laporan secara bertubi-tubi.Ini yang harus menjadi dasar utama perhatian Walikota Medan agar instruksi dari pemerintah bisa berjalan secara terbuka dan transparan ,” katanya.

Ketua DPC PDI Perjuangan ini mengatakan bahwa pihaknya siap diajak untuk bekerja sama.

” Kami sebagai bagian dari perwakilan rakyat siap untuk diajak kerjasama oleh Pemko Medan.

Sebanyak 50 orang anggota DPRD Medan paham agar setiap wilayah pemilahan masing-masing kita harus bergerak bersama dan menyatukan strategi bersama untuk masyarakat Kota Medan yang umumnya masih banyak bekerja sebagai pekerja harian dan sektor lainnya ,” ucap Hasyim.

Terkait dengan sistem anggaran sendiri ,kata Hasyim pihak Pemko Medan agar bisa menyisihkan anggaran dari beberapa sektor untuk dilakukan pengurangan.

” Kami dari DPRD Medan sangat mendukung bila Pemko Medan mengambil kebijakan untuk mengurangi beberapa pos anggaran untuk membantu masyarakat Kota Medan.

Hal ini sesuai dengan maklumat dari pemerintah sendiri yang menyatakan agar pemberian bantuan bisa segera dilakukan termasuk dari APBD ,” tutup Hasyim yang tetap berharap agar Pemko Medan bisa segera bertindak cepat memberikan bantuan untuk masyarakat Medan.(SB/01)