Naik, Sumbangsih Pertamina Untuk PAD Sumut

sentralberita|Medan~Kenaikan konsumsi Pertalite, Pertamax, Dex dan Dexlite di Sumut tidak hanya baik bagi kendaraan dan lingkungan. Ternyata juga memberi sumbangsih terhadap Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Peningkatan konsumsi BBM berkualitas itu, menyebabkan naiknya setoran Pajak Bahan Bakar Kendaraan Bermotor (PBBKB) dari Pertamina kepada Pemprov Sumut.

“PBBKB merupakan pajak terhadap bahan bakar kendaraan bermotor yang menggunakan bahan bakar cair ataupun gas. Tahun 2019, Pertamina menyetor PBBKB untuk PAD Sumut hingga 874 miliar rupiah. Jumlah ini meningkat dua persen bila dibandingkan tahun 2018,” ujar Roby Hervindo, Unit Manager Comm, Rel & CSR Pertamina Marketing Operation Region (MOR) I.

Tahun 2018, lanjut Roby, Pertamina MOR I memberi sumbangsih senilai 860 milyar rupiah terhadap PAD Sumut. Alhasil, PBBKB menjadi salah satu penyumbang PAD terbesar di Provinsi Sumut.

Hal ini terungkap saat kegiatan rekonsiliasi PBBKB dengan Dispenda Pemprov Aceh, Sumut, Sumbar, Riau dan Kepri. Kegiatan dilaksanakan di Fuel Terminal BBM Sabang pada 12-13 Februari lalu.

Hadir pada kegiatan tersebut Muhammad Rizal dari Badan Pengelola Keuangan Aceh, Rita Mestika dari Pengelola Pajak dan Retribusi Daerah Sumut, Akhsa Budi dari Badan Pendapatan Daerah Riau, Yonki dari Badan Keuangan Daerah Sumbar, serta Siti Mas’mah dari Badan Pengelola Pajak dan Retribusi Daerah Kepri.

“Kami mengajak masyarakat untuk terus meningkatkan penggunaan Pertalite, Pertamax, Dex dan Dexlite di Sumut. Sehingga pada gilirannya mendukung peningkatan PAD di Sumut, yang akan digunakan untuk pembangunan daerah,” ujar Roby.

Agar penggunaan BBM berkualitas meningkat dan PAD bertambah, Pertamina menggelar program Berbagi Berkah MyPertamina (BBM) 2020. Program ini memberi apresiasi kepada pelanggan setia produk-produk berkualitas Pertamina seperti Perta Series, Dex Series, Elpiji 12kg, serta Bright Gas.

Konsumen berkesempatan membawa pulang beragam hadiah menarik. Misalnya mobil Porche Boxster, beragam moge, puluhan pasang paket umroh dan paket wisata Eropa, serta kiloan emas batangan. Tidak hanya hadiah utama, konsumen bisa menikmati hadiah saban minggu dan hadiah bulanan.

Informasi program BBM 2020 dan mekanisme lebih lanjut, dapat mengakses akun media sosial instagram @mypertamina, website mypertamina.id, aplikasi MyPertamina, serta Pertamina Call Center 135. (SB/01/Diur

Comments