Medan Denai Juara Umum MTQ Ke-53, Medan Johor Tuan Rumah Tahun 2021,

sentralberita|Medan~Setelah sepekan bergulir dan mendapat apresiasi penuh dari masyarakat, Pelaksana tugas (Plt) Wali kota Medan Ir H Akhyar nasution MSi akhirnya menutup Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) ke-53 Tingkat Kota Medan tahun 2020 di Jalan Ngumban Surbakti, Kelurahan Sempakata, Kecamatan Medan Selayang, Sabtu (22/2) malam.

Kecamatan Medan Denai berhasil keluar sebagai juara umum dalam festival pemuliaan kitab suci Al Qur’an tersebut.

Sedangkan Kecamatan Medan Barat yang merupakan juara umum tahun lalu, harus puas menempati posisi runner-up (juara kedua). Sebagai juara ketiga, berhasil direbut Kecamatan Medan Area. Selanjutnya, Kecamatan Medan Johor ditetapkan sebagai tuan rumah pelaksanaan MTQ ke-54 tahun 2021.

Sebelum menutup, Akhyar dihadapan ribuan pengunjung yang memadati area MTQ, mengungkapkan rasa syukurnya karena pelaksanaan MTQ yang berlangsung selama seminggu mulai 15-22 Februari berjalan dengan sukses dan lancar. Warga setiap malam mendatangi lokasi acara untuk menyaksikan qori dan qoriah bermusabaqah.

Selain kerja keras panitia, jelas Akhyar, keberhasilan penyelenggaran MTQ tahun ini juga tidak terlepas dari dukungan penuh seluruh pihak, termasuk masyarakat Kecamatan Medan Selayang sebagai tuan rumah. Selama sepekan MTQ berlangsung, seluruh pengunjung merasa tenang dan nyaman menyaksikan para peserta yang merupakan perwakilan dari seluruh kecamatan di Kota Medan.

“Alhamdulillah, puji syukur kepada Allah SWT karena pelaksanaan MTQ dapat berjalan lancar dan sesuai seperti yang diharapkan. Untuk itu, terima kasih kepada semua pihak yang terlibat termasuk panitia, peserta dan dewan juri, khususnya masyarakat Medan Selayang yang telah mendukung penuh kesuksesan acara,” kata Akhyar.

Mantan anggota DPRD Medan itu juga merasa bahagia, sebab tahun ini pelaksanaan MTQ dirasa lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya. Hal ini ungkanya, terlihat dari kepedulian pengunjung yang tidak membuang sampah sembarangan di arena MTQ, sehingga lokasi acara senantiasa bersih selama MTQ berlangsung.

“Kesadaran warga akan kebersihan sudah semakin meningkat. Buktinya, kita tidak ada melihat sampah berserakan di seputaran lokasi acara. Artinya,masyarakat kini menyadari bahwa kebersihan adalah sebuah kebutuhan dan mewujudkannya adalah tanggung jawab kita semua, bukan hanya pada petugas kebersihan,” ungkapnya.

Akhyar selanjutnya berharap, usai ditutup, hendaknya esensi MTQ dapat dirasakan dan diresapi dengan sebaik-baiknya, sehingga menjadi sesuatu yang bernilai dan bermanfaat dalam diri. “MTQ ini melatih kemampuan membaca Al Quran dengan baik dan benar, serta memahami isi dan kandungannya. Semoga melalui ini kita menjadi insan yang lebih bertaqwa serta mampu mengimplementasikan nilai Qurani dalam kehidupan sehari-hari,” harapnya.

Usai dewan juri membacakan para pemenang, Akhyar didampingi Plt Ketua TP PKK Kota Medan Ny Hj Nurul Khairani pun memberikan piala kepada para pemenang. Selain Akhyar, Sekda Kota Medan Ir Wiriya Alrahman juga didampingi istri ikut memberikan piala kepada pemenang.

Selain pemenang MTQ, juga diserahkan piala kepada peserta pawai ta’aruf yang dijuarai Kecamatan Medan Selayang, Medan Marelan juara kedua dan Medan Barat sebagai juara ketiga.

Untuk stand terbaik lingkungan OPD, juara pertama Dinas Pariwisata Kota Medan, Dinas Pertanian dan Perikanan sebagai juara kedua dan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan sebagai juara ketiga. Untuk stand favorit, diraih TP PKK Kota Medan. Sedangkan untuk stand kecamatan, juara pertama diraih Medan Timur, juara kedua Kecamatan Tembung dan Medan Petisah juara ketiga.(SB/01/H)

Comments