Kedubes AS dan Pelindo IV Bangun Tim Tanggap Pertama Kesehatan

sentralberita|Kamantan Utara_Pada 28-30 Januari, Force Protection Detachment (FPD) Kedutaan Besar Amerika Serikat di Jakarta dan perusahaan operator pelabuhan milik negara Pelindo IV menyelenggarakan Seminar Tim Tanggap Pertama Kesehatan (MFRS) di Tarakan, Kalimantan Utara.

Siaran pers dari Kedutaan Besar Amerika Serikat yang diterima Sabtu (1/2/2020) menyebutkan sebanyak 30 peserta dari Pelindo IV, Angkatan Laut Indonesia (TNI-AL), Satuan Polisi Air Indonesia (POLAIR), Dinas Pemadam Kebakaran Tarakan, Dinas Kesehatan Tarakan, Kantor Bea Cukai & Imigrasi Tarakan, Badan Narkotika Nasional Indonesia (BNN), Badan Keamanan Laut Indonesia (BAKAMLA), dan lembaga penegak hukum setempat lainnya menghadiri seminar tiga hari tersebut.

Setelah dua hari pengajaran interaktif dengan praktik langsung, peserta menunjukkan keterampilan yang dipelajari dengan latihan praktik akhir.

Keragaman peserta tim memungkinkan kolaborasi dengan mereka yang bertugas sebagai tim tanggap pertama. Semua lulusan menerima peralatan pertolongan pertama darurat disertai perlengkapan medis yang disumbangkan oleh Spirit of America, sebuah organisasi nirlaba AS yang secara global mendukung keamanan dan stabilitas melalui prakarsa berbasis masyarakat.

Anggota yang lulus program ini akan melakukan pelatihan medis tim tanggap pertama untuk semua petugas pemadam kebakaranberjumlah 64 orang dengan peralatan dan keterampilan yang disediakan selama seminar.

Selain memperkuat kapasitas tim tanggap pertama setempat dalam mengatasi situasi darurat, seminar ini mencerminkan komitmen AS terhadap hubungan bilateral AS-Indonesia.

Seminar Tim Tanggap Pertama Kesehatan ini adalah salah satu prakarsa pemerintah AS yang bertujuan untuk memperdalam hubungan kerja dengan penegak hukum dan badan pemerintah Indonesia. Amerika Serikat dan Indonesia adalah mitra sejati, dan AS berkomitmen untuk memperkuat hubungan bilateral kami di tahun-tahun mendatang. (SB/Wie)