Kecamatan Medan Deli Belum Miliki SLTA, Fraksi PDIP Sumut Prihatin

sentralberita|Medan~ Anggota DPRD Provinsi Sumatera Utara, dari Fraksi PDI Perjuangan, Artha Berliana Samosir mengaku prihatin masih ada satu kecamatan di Kota Medan belum memiliki gedung sekolah setingkat SLTA (Sekolah Lanjutan Tingkat Atas) Negeri. Kecamatan yang masih belum memiliki bangunan sekolat tersebut yakni Kecamatan Medan Deli.

Untuk itu Artha Berliana mendesak Pemerintah Provinsi Sumatera Utara agar membangun Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri maupun SMK Negeri di kawasan Kecamatan Medan Deli, Kota Medan.

“Saat melakukan kegiatan reses beberapa waktu lalu, saya menerima aspirasi masyarakat Kecamatan Medan Deli, yang meminta agar ada sarana pendidikan SMA Negeri/SMK Negeri di kawasan Medan Deli,” kata Artha Berliana Samosir kepada wartawan di gedung dewan Jalan Imam Bonjol Medan, Kamis (6/2/2020).

Saat ini, ungkap Artha, akibat di kawasan Kecamatan Medan Deli belum ada sekolah setingkat SMU Negeri atau SMK Negeri, maka anak-anak melanjutkan pendidikan ke tingkat SMU kesulitan karena tidak ada SMA Negeri.

Sementara untuk melanjutkan pendidikan ke SMA Swasta, ungkap Artha, biayanya cukup besar. Begitu juga untuk pendidikan ke SMA Negeri di kecamatan lain, terhambat dengan zonasi, regionalnya berbeda.

Karena itulah, Artha mendesak Pemprov Sumut agar dapat menyediakan sarana pendidikan SMA Negeri di Kecamatan Medan Deli itu.”Masyarakat disana sangat mengharapkan pembangunan SMA Negeri atau SMK Negeri di Kecamatan Medan Deli, supaya anak-anak mereka dapat melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi,” kata wakil rakyat asal pemilihan
Kota Medan ini.

Artha Berliana Samosir mengaku jika persoalan ini sudah disampaikannya kepada pihak Pemprov Sumut.”Untuk menyiapkan sarana dan fasilitas SMA Negeri ini adalah tanggungjawab Pemprov Sumut makanya saya melaporkannya kepada Pemprov Sumut. Kalau tadi menyangkut SMP Negeri, tentu saya melaporkannya ke Walikota Medan,” kata Artha
Berliana.

Pendidikan di tingkat SMA itu, tegas Artha, sangat menentukan masa depan anak-anak. Bayangkan jika mereka tidak melanjutkan pendidikannya, bagaimana kondisi mereka ke depan. Artha mengaku heran, kenapa di Ibukota Provinsi Sumatera Utara, masih ada kecamatan yang belum memiliki SMA Negeri. “Pemprov Sumut agar menyiapkan sarana dan fasilitas pendidikan SMA Negeri di Kecamatan Medan Deli,” pinta Artha. (SB/Mal)