Di Rakernas, Ka Kwardasu Tegaskan Sumut Siap Panitia Pertikara Nasional

sentralberita| Jakarta Ketua Kwarda Gerakan Pramuka Sumut H. Nurdin Lubis, SH, MM pada forum Rapat Kerja Nasional Gerakan Pramuka di Cibubur Jakarta, menegaskan Sumatera Utara siap menjadi tuan rumah sekaligus panitia Daerah penyelenggara Pertemuan Bhakti Saka Bhayangkara Nasional ( PERTIKARANAS) direncanajan 13-19 Juni 2020 di Bumper Sibolangit Kabupaten Deli Serdang.

” Sesuai petunjuk Kakak Edy Rahmayadi Gubernur Sumut selaku Ketua Mabidasu dan hasil kordinasi dengan pihak Polda Sumut selaku Unsur Pinsaka Bhayangkara Kwardasu, menyatakan siap sebagai tuan rumah dan panitia Daerah Penyelenggara Pertikaranas” ujar Kak Nurdin Lubis.

Paparan tentang kesiapan Pertikaranas tahun 2020 di forum rakernas dihadapan Ka kwarnas Kak Budi Waseso dan Pengurus Kwarnas, Pinsaka Nasional dan para Ketua Kwarda Gerakan Pramuka Provinsi se indonesia.

Dalam paparan ka kwarda Sumut melaporkan langkah yg telah, sedang dan akan dilakukan untuk mensukseskan Pertikaranas yang kedua kalinya setelsh sukses di tahun 1992 sebagai panitia yabg dibuka oleh Kapokri ketika itu Jenderal Polidi Drs H.Kunarto.

Perkemahan Bhakti Saka Bhayangkara (Pertikara) Nasional pada tahun 2020 mengambil tema “Pramuka Promoter Pengabdian Masyarakat”.

Pertikara ialah perkemahan yang diikuti oleh anggota Saka Bhayangkara dalam rangka membaktikan diri kepada masyarakat yang diisi dengan kegiatan bakti Saka Bhayangkara.

Rencana Program dan Kegiatan Pertikara Nasional 2020 ialah, General Activity, Job Creation, Community Service, Global Development Village, Tour De North Sumatra, Rover Challenge, Bhayangkara One Day Festival, dan Special Activity.

“Pertikara Nasional Tahun 2020 direncanakan pada bulan Juni 2020 akan diikuti ± 3.565 orang. Terdiri Dari 2640 orang kontingen daerah se Indonesia, 825 orang kontingen cabang se Sumatera Utara dan 100 orang peserta luar negeri”.ujar Nurdin.

Peserta registrasi secara online , aplikasi akan tersedia di Play Store dan App Store yang bisa digunakan di smartphone. Aplikasi Pertikara meliputi petunjuk teknis kegiatan, sarana anjangsana, catatan kegiatan, dan informasi kegiatan.

E-Card.


E-Card sebagai akses bagi peserta dalam melakukan kegiatan dan mengambil konsumsi/natura serta bisa digunakan sebagai alat belanja elektronik, bayar parkir dan wahana permainan.

Kak Nurdin Lubis selaku Ketua Kwarda Gerakan Pramuka Sumut mengatakan, terpilih sebagai tuan rumah untuk kedua kalinya tentu menjadi kehormatan bagi Sumatera Utara.

Menurutnya masyarakat Sumatera Utara tentu merasa sangat tehormat untuk kedua kalinya dipercaya sebagai tuan rumah setelah 27 Tahun berlalu.

Pihaknya segera dibentuk kepanitiaan daerah yang melibatkan Kwardasu dan Poldasu serta Polres jajaran, sehingga Pertikaranas diharapkan berlangsung sukses.

Ketua Kwarda Sumut Kakak H. Nurdin Lubis, SH, MM, menyampaikan paparan di forum Rakernas didampingi Waka Kwarda Bidang Bela Negara Kakak Kol. Inf. Azhar Mulyadi, SE, Waka Kwarda Bidang Abdimasgana Kakak Depriwanto Sitohang, ST, MM, PLT. Kapusdiklatda Kakak Prana Jaya, SE dan Ketua Dewan Kerja Daerah Sumut ( DKDSU ) Kakak Muhammad Fadli, A.Md.