Anggota DPR RI: Kekompakan Kearifan Lokal Perkuat Persatuan NKRI

sentralberita|Medan ~ Anggota DPR RI dari Fraksi Gerindra, Romo H.R.Muhammad Syafi’i melaksanakan Sosialisasi Daerah Pemilihan (Sosdapil I) MPR untuk Tahun Sidang 2019-2020 bertempat di Desa Pematang Johar, Kabupaten Deliserdang.

Lokasi sosialisasi 4 Pilar MPR ini merupakan basis suara Romo di Pemilu 2019.

Dalam keterangan persnya diterima , Sabtu(8/2/2020) Romo menjelaskan, dipilihnya lokasi tersebut guna mendukung program Desa Wisata Sawah yang belum lama direalisasikan dalam bentuk proyek Wisata Sawah Desa Pematang Johar .

Wisata itu digagas ide cemerlang Kepala Desa Pematang Johar, Sudarma dan didukung oleh modal sosial masyarakat yang Guyub (Kompak) telah menjadi kekuatan.

“Sehingga membuat proyek wisata sawah ini dengan cepat tersosialisasi (Viral). Saya harapkan dapat menjadi Icon serta Prototipe Desa yang berbasis pertanian (Sawah) dapat menjadi Desa yang Maju, Mandiri seperti Tagline Pemerintah Desa Pematang Johar.

Dengan kehadiran Program Wisata Sawah ini saya melihat efek ikutannya dapat mendorong peningkatan Dana Desa dari Retribusi, membuka lapangan kerja baru bagi penduduk desa terutama generasi muda yang selama ini memilih menjadi buruh pabrik di perkotaan,”tukasnya.

“DariDari apa yang saya lihat kehadiran Wisatawan ke Desa Pematang Johar telah membuka lahan pekerjaan baru seperti parkir, cafe-cafe baru, kios-kios Souvenir/Cenderamata, Warung Kuliner yang memprioritaskan hanya kepada warga desa Pematang Johar. Dan saya harap kedepan akan muncul wahana-wahana tambahan yang bernuansa pertanian dan alam untuk memenuhi kecintaan masyarakat kepada pertanian,”ujarnya.

Sehingga tidak lagi terjadi masyarakat desa mencari kerja ke kota sebagai buruh industri. Sebab desa ini merupakan basis dukungan dirinya sebagai politisi dan sebagai ustadz, sebab telah beberapa kali ke Desa Pematang Johar bahkan sebelum sebagai Anggota DPR RI yaitu tahun 1998 ketika sebagai Da’i.

“Sehingga saya yakini nilai-nilai kearifan lokal yaitu kekompakan (guyub) Masyarakat Desa Pematang Johar menjadi kekuatan yaitu menjadi fondasi nilai-nilai kristalisasi Pancasila dan Negara Kesatuan Republik Indonesia,”bebernya.

Dijelaskan, sosialisasi 4 Pilar MPR yang kontekstual seperti ini akan menjadi bentuk sosialisasi yang dapat mengukur nilai-nilai kearifan lokal yang memberi kontribusi kepada nilai-nilai Pancasila dan NKRI apakah masih relevan.

“Bahkan dapat menjadi kekuatan untuk menghempang nilai-niilai fragmatisme, individualisme serta matrealisme merupakan efek dari industrialisasi dan globalisasi,”katanya.

“Saya yakin kekompakan ini bukanlah bentuk konservatisme (sulit menerima perubahan) tapi akan menjadi kekuatan untuk mendorong kemajuan dan ekonomi desa. Dimana pertanian sebagai ikon meskipun memiliki keterbatasan dalam mengakses system perekonomian kapitalisme di era digital ini.

Romo merupakan wakil rakyat daerah pemilihan Sumut 1(Medan, Deli Serdang, Serdang Bedagai, Tebing Tinggi) akan lebih sering datang ke Desa Pematang Johar baik sebagai Wakil Rakyat maupun sebagai Da’i (Kapasitas yang selalu melekat sepanjang hidup saya).

“Selamat kepada Desa Pematang Johar semoga Wisata Sawah di Desa Pematang dapat menjadi ikon di desa – desa lain di seluruh Indoensia,”tutupnya .(SB/Mal )

Comments