9.000 Orang Indonesia Belajar di Amerika

Konsul Amerika Serikat untuk Sumatera Guy Margalith memukul gong peresmian pameran pendidikan AS di Hotel Grand Aston Medan Kamis (13/2/2020) sore.

sentralberita|Medan~Saat ini sekitar 9.000 orang Indonesia belajar di Amerika Serikat (AS), pemerintah AS ingin lebih meningkatkan jumlah tersebut dan menjadi mitra pilihan Indonesia di kawasan Indo-Pasifik, terutama di bidang pendidikan.

Konsul AS untuk Sumatera Guy Margalith mengatakan hal itu ketika meresmikan pameran pendidikan Amerika, “US Higher Education Fair” di Hotel Grand Aston Medan Kamis (13/2/2020) sore. Peresmian ditandai pemukulan oleh Konsul Guy didampingi Agus Tripriyono mewakili Gubsu Edy Rahmayadi.

Konsul Guy mengatakan Amerika Serikat memiliki kampus dan universitas ternama di dunia dan memiliki sepertiga anggaran riset dunia. Hal ini memacu lulusan AS untuk berinovasi dan berwirausaha. Gelar yang didapat dari AS juga diakui di dunia dan menyiapkan siswa untuk memasuki tenaga kerja global. “Pendidikan di AS membuka banyak pintu lapangan kerja dan berbagai kesempatan unik,” katanya.

EducationUSA dan Konsulat AS untuk Sumatera bekerjasama dengan berbagai institusi pendidikan terkemuka di AS menggelar pameran pendidikan AS di Medan yang dihadiri lebih 1.000 orang.

Konsul Guy Margalith menambahkan di pameran pendidikan US Higher Education Fair bini, murid dan orangtua murid akan mendapatkan informasi mengenai berbagai ragam pilihan untuk studi di AS dari 12 perwakilan kampus dari AS.

Peserta yang datang di pameran ini, katanya, bisa juga mendapatkan informasi mengenai kesempatan mendapatkan beasiswa ke AS dari AMINEF yang mengelola beasiswa Fulbright dan LPDP dari pemerintah Indonesia. Juga cara mengajukan visa pelajar dari perwakilan bagian Konsuler dari Kedutaan AS di Jakarta.

EducationUSA didukung oleh Biro Pendidikan dan Kebudayaan Departemen Luar Negeri AS yang merupakan jaringan global terdiri atas 450 pusat konsultasi pendidikan yang beroperasi di 170 negara. Education di Sumatera berlokasi di Banda Aceh dan Medan.

Sebanyak 12 perguruan tinggi yang ikut pameran di Medan yakni San Materi Colleges of the Silicon Valley, Seconds Community College, Missouri Western State University, ACT, University at Buffalo New York, Savannah College of Art and Design, IELTS, New Jersey Institute of Technology (NJIT), Stony Borok University, University of Colorado Boulder, University of Arizona. Ditambah AMINEF Fulbright Dimarahi dan LPDP.(SB/Wie)

Comments