Tinjau Sekolah, Gubernur Edy Minta Pastikan Aktivitas Belajar Nyaman

Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi  mengunjungi Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 2 Medan, Jalan Adi Sucipto Medan, Selasa (21/1/2020). (Foto Biro Humas dan Keprotokolan Setdaprov Sumut : Veri Ardian)

Sentralberita|Medan ~ Sepanjang hari sekolah menjadi tempat anak-anak menghabiskan waktu. Jika tidak didukung dengan fasilitas-fasilitas yang mendukung kenyamanan, maka akan menimbulkan kejenuhan yang pada akhirnya menurunkan semangat dan minat untuk belajar. Untuk itu diharapkan hal-hal yang menunjang aktivitas belajar harus diperhatikan.

Hal ini diungkapkan Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi saat meninjau SMA Negeri 2 Medan, Jalan Adi Sucipto Medan, Selasa (21/1). Disambut Kepala Sekolah Buang Agus dan para guru, Gubernur menyapa para siswa, memasuki ruang kelas, meninjau proses belajar mengajar serta sarana prasarana yang ada di sekolah.

“Sepanjang hari mereka berada di sekolah ini. Jadi harus kita ciptakan suasana yang nyaman dan menyenangkan. Kalau anak-anak sudah merasa betah di sekolah, saya yakin belajar pun jadi rajin dan mudah menyerap pelajaran,” kata Gubernur kepada para guru.

Kata Edy, ada beberapa hal yang diminta Edy untuk diperhatikan. Tidak hanya untuk SMA Negeri 2 Medan, tetapi juga sekolah SMAN/SMKN lainnya. Diantaranya soal kebersihan, disiplin, sarana dan prasarana seperti perpustakaan yang nyaman, kapasitas kelas, inovasi dan kreativitas dalam proses belajar dan mengajar.

“Anak-anak kita hari ini akan jadi SDM penentu masa depan provinsi kita ini. Unggul tidaknya mereka ditentukan dari bagaimana sekolah-sekolah kita mendidik mereka. Untuk itu saya minta benar-benar ini kita perhatikan,” pesan Edy.

Usai berbincang dengan para guru dan meninjau sekitar sekolah, Edy pun memasuki kelas-kelas. Menghampiri kelas yang sedang membahas mata pelajaran matematika, Edy mengambil peran menjadi guru dan mengajari para siswa. Hal ini menimbulkan kehebohan sekaligus antusias dari para siswa. “Masih ingat saya dengan pelajaran-pelajaran SMA dulu,” tuturnya yang disambut dengan tepuk tangan dari para siswa.

Plt Kepala Dinas Pendidikan Sumut Arsyad Lubis yang turut mendampingi Gubenur menyampaikan bahwa kunjungan tersebut dalam rangka memastikan agenda dan aktivitas pendidikan berlangsung lancar. “Karena memang pengelolaan SMA/SMK itu adalah tanggung jawab Pemerintah Provinsi. Saat kunjungan kerja ke Kabupaten/Kota di Sumut, Gubernur juga selalu menyempatkan untuk meninjau kondisi SMA/SMK,” jelas Arsyad.

Kepala Sekolah SMAN 2 Medan Buang Agus menyampaikan ucapan terima kasih sekaligus rasa bangga atas kunjungan Gubernur Edy Rahmayadi. Baginya kunjungan ini memberikan arti tersendiri bagi para siswa. “Apalagi tadi Bapak Gubernur juga menyapa dan memberi motivasi. Saya yakin ini menjadi penyemangat bagi para siswa,” ucapnya.

Kemudian, Agus mengatakan akan mengikuti arahan dan bimbingan yang disampaikan Gubernur untuk mengutamakan kenyamanan para siswa. Beberapa hal yang disinggung termasuk kebersihan sekolah ditingkatkan, disiplin dan penyediaan fasilitas-fasilitas pendukung untuk meningkatkan wawasan anak. Misalnya, taman literasi dan penambahan buku-buku di perpustakaan.(SB/01)