Bersama 1000 Orang Pramuka, Bupati Zahir Resmikan Hutan Raya Etnobotani dan Bumi Perkemahan

Bupati Batubara Ir H Zahir M.AP didampingi Ketua TP PKK Ny Maya Indriasari Zahir SE tanam pohon di Laut tador bersama 1000 Pramuka.

sentralberita|Medan~ Bupati Batubara Ir.Zahir MAP didampingi Ketua TP PKK, Maya Indriasari SE bersama ribuan Pramuka meresmikan Hutan Raya Etnobotani dan Bumi Perkemahan Pramuka Laut Tador sebagai warisan dunia, Minggu (8/12/2019).

Menurut DR. Fhill Ikhwan Azhari yang juga seorang sejarahwan, ketua kwarcab pramuka Batu Bara  Ishak S.Pd, Zahir menjelaskan, Hutan Raya Etnobotani salah satu warisan dunia yang hidup di Danau Laut Tador.

“Kita jadikan Hutan Raya Etno Botani Batu Bara, karenanya daerah penyanggah Laut Tador kita hidupkan sejumlah tanaman Etno Botani Batu Bara disamping pemeliharaan pohon- pohon kayu yang hidup dan berumur ratusan tahun. 

Hari ini juga kata Zahir, restorasi Danau Laut Tador kita mulai dan bumi perkemahan yang kita jadikan sebagai pusat kajian dan penelitian Etno Botani , perikanan dan tanaman langkah kita jadikan tempat bumi perkemahan pramuka di Kabupaten Batu Bara.
     

Kehadiran Zahir bersama Maya Indriasari dan ikut Putra- Putrinya Danis dan Nabila mendapat tepuk- tepuk pramuka dan dinyanyiakan lagu selamat datang yang diawali dengan pengguntingan pita dan diakhiri dengan tanaman tumbuh-tumbuhan sebagai bumi perkemahan pramuka di Batu Bara dan menanam sejumlah pohon sebagai kawasan yang harus di lindungi. 

Sementara itu Andi Lestari SKG selaku anggota DPRD Batu Bara memberi dukungan penuh kepada rencana Bupati Batu Bara Ir. H. Zahir M. Ap atas diresmikannya kebun raya Etno Botani batu bara,  Andi menegaskan bahwa hampir 3 bulan para ilmuwan sejarah dari unimed bersama Dr. Ikhwan Azhari melakukan kajian dan penelitian dan telah dihadiri oleh NY. MARGARET warga negara Inggris ikut meninjau danau laut tador.

Menurut Andi, Bupati batubara dapat mengeluarkan peraturan bupati untuk melindungi cagar alam laut tador sesuai dengan undang- undang no. 5 tahun 1990 tentang lingkungan hidup dan peraturan pemerintah no. 68 tahun 1998 tentang kawasan swaka alam dan kawasan pelestarian alam yang mempunyai ke khasan satwa, ekosistem, yang perlu dilindungi.

Bahkan Andi lestari memandang di perlukannya sebuah lembaga khusus untuk mengelolah kawasan cagar alam ini sebagai salah satu warisan dunia.
   

Hadir di dalam acara peresmian Camat Laut Tador Arif Hanafiah, Camat Air Putih Riyadi, Camat Sungai Suka Aidil,  ketua TBUPP Saiful Safri, Kabid Parawisata Ronal dan sejumlah unsur pimpinan cabang pramuka sekabupaten Batu Bara. (SB/01/Diur)