Perkembangan Teknologi Televisi

sentralberita|Medan~Perkembangan teknologi yang pesat merupakan dampak dari berkembangnya era globalisasi.

Gratia Sitorus

Kemampuan manusia yang semakin berkembang membuat terciptanya teknologi yang diharapkan dapat menjadi media untuk memecahkan permasalahan yang ada.Salah satuteknologi tersebut adalah televisi.

Televisi merupakan media telekomunikasi yang berguna untuk menerima siarangam barber gerak dalam wujud monokrom maupun berwarna disertai suara sebagai pendukung media tersebut.

Perkembangan televisi diawali dengan penemuan dasar hukum gelombang elektromagnetik yang ditemukan oleh Joseph Henry dan Michael Farraday pada tahun 1831. Penemuan ini merupakan titik awal bertumbuhnya era komunikasi elektronik. Padatahun 1862, Abbe Giovanna Caselli menemukan pantelegraph sebagai alat pertama yang mampu mentransmisikan gambar melalui kawat.

Pada tahun 1880, Bell dan Edison mengeluarkan teori bahwa selain suara, perangkat telepon dapat mengirimkan gambar. Bell menciptakan photophone untuk mengirimkan suara dan gambar.

Pada tahun 1884, Paul Nipko berhasil mengirim gambar dengan menggunakan kawat resolusi 18 garis yang melingkar yang disebut sebagai teleskopelektrik.

Seiring berkembangnya zaman, ilmuwan Rusia Constantin Perskyi mengeluarkan istilah “televisi” untuk pertamakalinya, dalam Congress of Electicitydi Paris padatahun 1900. Selanjutnya, Lee de Forest menemukan audion, tabung kedap udara yang berfungsi untuk menggunakan sinyal.

Pada tahun 1907, Campbell Swinton dan Boris Rosing menggunakan tabung sinar katoda untuk kmengirim gambar dalam percobaan secaraterpisah.

Padatahun 1923, Vladmir Zworykin mematenkan temuannya berupa kamera TV.Kelebihan dari temuan pengembangan ide Swinton adalah menampilkan gambar yang lebih baik. Padatahun 1924-1925, Charles Jenkins (AS) dan John Baird (Skotlandia) mendemonstrasikan transmisi mekanik gambar melaluisirkuit kabel yang menghasilkan siluet.

Padatahun 1926, John Baird mengoperasikansi stemresolusi gambar 30 garis per detik. Padatahun 1927, Bell Telephone dan Departemen Perdagangan AS memancarkan siaran jarak jauh pertama dari Washington DC ke New York.

Padatahun 1928, The Federal Radio Commission menerbitkan lisensi penyiaran TV pertama kepada Charles Jenkins.Pada tahun ini, jenis televisi yang berkembang berjenis octagon.Pada tahun 1929, Vladimir Zworykin kembali mendemonstrasikan sistem elektronik yang dapat menerima sekaligus mengirim kan gambar untuk menyempurnakan tabung katoda yang dinamakan kines.Padatahun 1936, pesawat televisi pun mulai digunakand iseluruh dunia sekitar200.000 pesawat.

Padatahun 1937, CBS dan BBc London mulai mengembangkan TV. Padatahun 1939, Vladimir Zworykin dan RCA melakukan uji coba siaran dari gedung Empire Scate Building New York World.Padatahun 1940, Peter Goldmark menemukan pesawat TV berwarna dengan resolusi 343garis enganjenis RCA.

Padatahun 1948, Televisi kabel iperkenalkan di Pennsylvania yang kemudian dipaten kanoleh Louis W.Parker dengan sebutan motorola.Pada saat itu, ada 1.000.000 pesawat TV diseluruh AmerikaSerikat.

Padatahun 1956, sistemp enyiaran video mulai diperkenalkan. Pada tahun yang sama, Robert Adler menemukanremote control. Padatahun 1962, AT&T meluncurkan Telstar sebagai satelit realay pertama.Padatahun 1967, sebagian besar stasiun TV mengadopsi teknologi siaran berwarna.

Tipe yang popular pada tahun ini adalah Meidensha.Kemudian, PBS menjadi stasiun pertama yang menyiarkan seluruh program melalui satelit.Padatahun 1981, NHK memperkenalkan HDTV dengan resolusi 1.125 garis.Padatahun 1982, Dolby Surround Sound diluncurkan kepasar. Padatahun 1983, Direct Broadcast Satellite pun mulai dilakukan melalui siaran Indian polis.Hingga padatahun 1996, triliunan TV mulai beredar di seluruh dunia dengan menggunakan teknologi CRT (Cathode-Ray Tubes).

Pada tahun 1997, televisi plasma pertama kali dipasarkan dengan bentuknya yang ramping sebagai kelebihannya.Tidakh anyaitu, TV LCD juga dikembangkan dengan kualitas gambar yang sangat baik serta lebih hemat energi dibandingan dengan TV plasma namun dengan harga yang sangat mahal.

Pada tahun 1998, TV HDTV pun mulaidi kembangkan dengan keunggulan gambar yang jelas dan suara yang jernih.Padatahun 1999, DVR (Digital Video Recorder) pun dikembangkan dengan keunggulan dapat merekam siaran TV kehard drive.

Padatahun 2007, Apple meluncurkan Apple TV yang dapat dihubungkan dengan iTunes, program televisi, film, video YouTube danj enisl lainnya.

Kemudian, Microsoft inc.memberikan pilihan Windows XP Media Centre Edition yang dapat mengirimkan video, music dan foto dari komputer ke televisi.

Hingga saat ini, TV mulai dikembangkan dengan teknologi 3D dimana karena menghasilkan gambar 3 dimensi maka gambar yang dihasilkan tampak seolah-olah nyata.Bahkan, TV sudah bisa masuk kedalam ideo game seperti Xbox 360 dengan menggunakan Netflix dan memilih acara favorit yang disukai oleh pengguna. (Penulis adalah mahasiswi prodi Manajemen Rekayasa, Institut Teknologi Del )

Comments