“Makanan Siap Saji Ala Lima Puluh Kota”

sentralberita|Medan~Saat sekrang ini memang lagi trend makanan siap saji. Sebut saja Kentucky, Fizza dan lain-lain. Tapi di tangan pasangan suami istri ini Tomy Man Bayoe dan Ezi Fitriana. Makanan ringan yang awalnya bermula dari bisnis burger di tahun 2004 ini bertambah dengan menu Roti John by Tom Burger sejak dua tahun yang lalu.

Kacab PKU, Roti John byTom Burger, Dayat, mewakili Tomy Man Bayoe, saat ditemui www.sentralberita.com, diselah selah melayani pembeli, pada acara bazar Sumatera Barat Expo, Jumat (15/11) di Lapangan Merdeka.

Menurut Dayat, owner Roti John ini tertarik bisnis makanan ini karena saat sekarang ini banyak anak-anak suka dengan makanan siap saji dibanding ikan balado atau rendang.

Uniknya, kata Dayat, hanya perlu waktu 60 menit untuk memasaknya.

Di kota asalnya, pasangan suami istri yang berdomisili di Kabupaten Lima Puluh Kota, Kecamatan Arau, Sumatera Barat ini juga bisa menjual franchisenya mulai dari harga Rp 4,5 juta hingga Rp 250 juta.

Mengangkat Motto,” Dengan Allah untuk umat dan untuk alam. ” Tomy sendiri mulai bisnis burger ini sejak masih dibangku kuliah. Dengan modal selembar proposal yang dihargai Rp 5 juta dalam program kewirausahaan mahasiswa tahun 2004.

” Dengan modal Rp 5 juta itulah Tomy mulai usaha burger di kampus Unand Padang dengan 1 buah gerobak burger,” ujar Dayat.

Tahun 2005, kata Dayat, Tomy menikahi Ezi Fitriana, yang saat itu mereka masih sama sama kuliah. Dua tahun kemudian Tom Burger mulai merintis pabrik roti sendiri dengan memproduksi bahan baku burger dan aneka roti tawar.

Tahun 2016, ” Tomy membangun tempat produksi pengolahan daging untuk produk patty, burger, nugget, sosis, bakso dan aneka olahan lainnya,” papar Dayat panjang lebar.

Dalam bisnis tentu saja ada jatuh bangun. ” Itu tidak bisa dipungkiri, Jatuh dan bangkit lagi. Bahkan resikonya sampai berdarah-darah. Namun bukannya Tomy kalau harus menyerah begitu saja,” imbuh Dayat.

Saat ini Tom Burger sudah punya 300 out let yang tersebar di Sumbar, Medan, Riau dan.Jambi.

Ada beberapa varian atau rasa dengan berbagai harga diantaranya Long John Original, Long John Beef, Long John Chicken dan Monstar Jhon.

Bentuk Roti John terbilang cukup unik. Ukurannya panjang dan dibelah jadi dua. Isi dari Roti John berupa sayur sayuran, telur, daging, sosis, ikan yang dipadukan dengan saos, mayonaise dan lain- lain yang dibalur roti dan keju. Kalau rasa jangan ditanya hmmmm…yummy….

Dalam kurun waktu yang terbilang cukup lama, akhirnya semua membuahkan hasil juga. Untuk kerja kerasnya Tomy ‘diganjar’ dengan berbagai Penghargaan diantaranya Penghargaan Kreasi Prima Mutu Presiden RI tahun 2017.

Selain itu Tomy juga mendapat Penghargaan Sidha Karya dari Gubernur Sumbar, Juara I Nasional Konvensi GKM tahun 2015, Pencatatan Rekor MURI 2018 dalam Lomba Kreasi Burger Disabilitas terbanyak, penerima Penghargaan Parama Karya 2017 kategori industri menengah.

Maju terus pebisnis lokal. Kalau bukan kita siapa lagi yang akan memulainya.( SB/Debbi Safinaz )