50 Mahasiswa USU Terima Beasiswa Bakti BCA

Kepala Sentra Layanan Area BCA Amri Lukman (kanan) secara simbolis menyerahkan dana beasiswa sebesar Rp200 juta kepada perwakilan mahasiswa berprestasi USU disaksikan Kepala Kemahasiswaan dan Kealumnian Universitas Sumatera Utara Effendi Manurung (kiri) di Medan, Jumat (15/11).

sentralberita|Medan~ Sebanyak 50 mahasiswa berprestasi Universitas Sumatera Utara (USU) berhasil memperoleh beasiswa Bakti BCA yang diinisiasi oleh pilar Solusi Cerdas Bakti BCA. Berkomitmen untuk mendukung pengembangan pendidikan di Indonesia, BCA terus berupaya meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) melalui pemberian dana beasiswa kepada 18 Perguruan Tinggi Negeri di Indonesia dengan nilai total Rp 200juta.

Beasiswa Bakti BCA senilai Rp 200 juta juta diserahkan secara simbolis oleh Kepala Sentra Layanan Area BCA Amri Lukman kepada perwakilan mahasiswa/i Universitas Sumatera Utara di Medan, Jumat (15/11). Turut serta dalam acara seremoni yakni Kepala Kemahasiswaan dan Kealumnian Universitas Sumatera Utara Effendi Manurung.

Lukman mengatakan, kami percaya bahwa anak muda saat ini merupakan generasi penerus bangsa Indonesia. Pembentukan SDM yang unggul penting untuk dilakukan untuk membangun generasi penerus bangsa yang berkualitas. Beasiswa Bakti BCA yang diberikan kepada mahasiswa berprestasi Universitas Sumatera Utara ini diharapkan dapat memacu semangat belajar dan prestasinya agar nantinya dapat menjadi salah satu agent of change.
Beasiswa Bakti BCA dikembangkan sejak tahun 1999 dan ditujukan bagi mahasiswa Strata Satu (S1) yang berprestasi namun memiliki kendala finansial. Diharapkan beasiswa yang diterima para mahasiswa, termasuk mahasiswa Universitas Sumatera Utara ini dapat meningkatkan motivasi belajar dan membantu mereka menyelesaikan pendidikan.

Pada tahun 2019, BCA memberikan beasiswa senilai Rp5,35 miliar kepada 18 Perguruan Tinggi Negeri di Indonesia. Dukungan yang diberikan tidak hanya berhenti pada dukungan materiil, melainkan BCA juga secara aktif melengkapi mahasiwa dengan kemampuan soft skill yang dibutuhkan saat menempuh jenjang perguruan tinggi dan persiapan memasuki kerja.

Beasiswa Bakti BCA sudah memasuki tahun ke-20 dan terus mengevaluasi dana yang diberikan serta jumlah penerimanya. Terhitung sejak tahun 2019, BCA menambahkan jumlah perguruan tinggi negeri penerima beasiswa dari 16 menjadi 18 perguruan tinggi negeri. Sementara jumlah dana yang dialokasikan juga meningkat setiap tahunnya.

Berikut merupakan rincian pengalokasian dana Beasiswa Bakti BCA tahun 2014/2015 sebanyak Rp3,8 miliar kepada 481 mahasiswa, tahun 2015/2016 sebanyak Rp4,1 miliar kepada 554 mahasiswa, tahun 2016/2017 sebanyak Rp4,25 miliar kepada 587 mahasiswa, tahun 2017/2018 sebanyak Rp4,45 miliar kepada 636 mahasiswa, tahun 2018/2019 sebanyak Rp,95 miliar kepada 629 mahasiswa dan tahun 2019/2020 sebanyak Rp5,35 miliar kepada 703 mahasiswa.

“Hadirnya revolusi industri 4.0 menuntut anak muda untuk siap menghadapi persaingan global. Bukan hanya mempersiapkan anak-anak muda yang berada di kota besar, mahasiswa dari daerah juga harus dijangkau untuk menghasilkan generasi muda siap tanding di kancah global. Oleh sebab itu, BCA secara konsisten menyalurkan beasiswa kepada beberapa universitas di Indonesia setiap tahunnya. Harapan kami, tentunya beasiswa ini dapat mendorong anak muda untuk kreatif dan inovatif di bidangnya masing-masing,” tambah Lukman .

Lea Kartyka Sembiring mengatakan, menjadi kebanggaan tersendiri bagi saya dapat menjadi salah satu penerima beasiswa Bakti BCA. Bantuan dana beasiswa yang saya peroleh ini tentunya akan memotivasi saya untuk lebih giat dan optimal dalam mencapai berbagai prestasi akademik kedepannya.(SB/wie)