Medan Sumbang 75 Persen Penjualan Otomotif Blibli.com

Eddy Lukita, Senior Merchandising Manager Blibli.com berbicara kepada wartawan di Medan Selasa (22/10) sore.

sentralberita|Medan~Blibli.com, Mal online terkemuka, mencatat pertumbuhan penjualan dan jumlah merchant yang kuat pada kategori otomotif di Medan mencapai 75 persen, kota yang berkontribusi besar pada keseluruhan performa bisnis Sumatera Utara.

Hal itu diungkapkan Eddy Lukita, Senior Merchandising Manager Blibli.com kepada e di Medan Selasa (22/10) sore. Saat itu Eddy didampingi merchant Erick, Picture Digital Promotion & Android Project Manager Alfa Scorpii Medan dan Salmon, Promotion Executive Alfa Scorpii Medan.

Eddy menyebut pertumbuhan penjualan secara umum di Medan mencapai 100 persen pada kuartal 3 tahun 2019. Sedangkan untuk merchant tumbuh 140 persen. Khusus penjualan otomotif tumbuh 75 persen, paling laris asesoris mobil, oli dan baterai.

Kategori otomotif yang dijual di Blibli.com yakni motor, mobil, alat-alat berat, asesoris motor, audio & video mobil, eksterior & interior mobil, official dan merchandise, perlengkapan kendaraan, peralatan kendaraan, perawatan kendaraan, suku cadang mobil dan suku cadang motor. Mobil dari Rp100 juta sampai Rp2 miliar.

“Blibli.com juga berencana mendorong pertumbuhan online retail otomotif di Medan dengan menghadirkan lebih banyak manfaat bagi merchant maupun pelanggan,” katanya.

Di kuartal ketiga 2019, Blibli.com menyaksikan penjualan otomotif di Sumatera Utara tumbuh sebesar 120 persen jika dibandingkan periode sama di tahun sebelumnya. Kenaikan ini didorong oleh peningkatan jumlah merchant otomotif di provinsi ini sejumlah 125 persen untuk periode yang sama.

“Target kami menjadi Mall online terlengkap untuk otomotif,” tegas Eddy.

Medan sendiri, katanya, memainkan peran penting karena berkontribusi hingga 75 persen ke performa kategori otomotif Blibli.com di Sumatera Utara. .

Saat ini, kategori otomotif Blibli.com menaungi lebih dari 54 official brands dan 2.360 merchant yang menyediakan beragam produk otomotif unit dan non-unit. Produk-produk unit termasuk mobil, motor, dan alat-alat berat sedangkan non-unitterdiridari aksesori dan spare part otomotif.

Secara keseluruhan, Blibli.com menjual lebih dari 8.000.000 produk yang disediakan setidaknya 75.000 merchantdan 50.000 brand lokal dan internasional. Semua produk ini dihadirkan di 16 kategori Blibli.com, termasuk Otomotif, Blibli Mart dan Handphone & Tablet.

Eddy menambahkan bahwa kinerja positif kategori otomotif Blibli.com di Medan menunjukkan besamya potensi kota tersebut dalam hal online retail baik untuk produk-produk unit dan non-unit. Karena itu, Blibli.com bertujuan untuk mengakuisisi lebih banyak lagi merchant dari Medan untuk menambah keberagaman produk otomotifdi Blibli.com.

Blibli.com menawarkan berbagaifasilitas bagi para pebisnis otomotif yang ingin merambah e-commerce dengan kami. Blibli.com membuka akses para merchant ke infrastruktur paymenttermasuk e-wallet dan e-money, kanal penjualan online-to-offline atau 020, serta layanan fulfillment yang mencakup warehousing dan logistik pengiriman.

”Semua fasilitas dan layanan ini berarti bahwa Blibli.com mampu untuk memberi layanan end -to-end bagi para merchant karena kami tidak hanya menyediakan platform penjualan, namun bisa juga mendukung merchantdari segi penyimpanan barang di gudang kami dan pengiriman produk ke konsumen,” kata Eddy.(SB/wie)