Kapolres Samosir Kunjungi Kantor Camat Harian

KAPOLRES Samosir, AKBP Muhammad Saleh SIK MM, Diulosi saat Kunker di Kantor Camat Harian

Sentralberita | Samosir-Guna menyukseskan pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak, Kapolres Samosir, AKBP Muhammad Saleh SIK MM mengunjungi Kantor Camat Harian.

Pada kunjungan kerja (kunker) tersebut, orang nomor satu di Mapolres Samosir yang didampingi Kasat Sabhara AKP H Marpaung, Kasat Intelkam Iptu MN Ginting, Kapolsek Harian Iptu Herman Sembiring, Kasi Propam Iptu Tito, KBO Sat Intelkam Ipda J Sianipar disambut oleh Camat Harian Roberton Manik, perwakilan Danramil Harian, Serka Ilham Ginting, seluruh Pelaksana Harian (Plh) Kepala Desa se-Kecamatan Harian dan seluruh calon kepala desa serta Tokoh Agama, J Sinaga.

“Pada kesempatan ini, saya selaku Kapolres Samosir mengucapkan terimakasih kepada bapak camat, Kapolsek dan Masyarakat yang telah menerima silahturahmi kunjungan kerja saya. Ke depan kita akan menghadapi pesta demokrasi pemilihan kepala desa serentak di wilayah kabupaten Samosir,” ujar AKBP Muhammad Saleh, Selasa, (8/10/2019).

Dalam hal pemilihan kepala desa, lanjut Saleh menjelaskan, perbedaan pendapat atau pandangan terhadap salah satu calon itu adalah hal yang biasa.

“Itulah Indahnya demokrasi. Oleh karena itu, diminta kepada masing-masing calon kepala desa dan seluruh lapisan masyarakat agar jangan menjadikan perbedaan tersebut menjadi perpecahan karena dapat merugikan diri sendiri dan keluarga,” jelas mantan Kasat Lantas Polrestabes Medan ini seraya meminta menyampaikan hal tersebut ke seluruh lapisan masyarakat pelaksanaan pilkades serentak tahun 2019 harus aman.

Untuk itu, AKBP Muhammad Saleh mengimbau kepada seluruh lapisan masyarakat agar jangan mudah terprovokasi berita bohong (Hoaks).

“Karena hal tersebut sangat rentan saat ini digunakan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggungjawab untuk memecah belah persatuan, khususnya menjelang pelaksanaan pilkades serentak. Oleh karena itu, diminta kepada masyarakat untuk mengecek dulu kebenaran informasi yang diterima,” imbaunya.

Selain itu, AKBP Muhammad Saleh juga berpesan kepada Penyelenggara Panitia Pemilihan Kepala Desa (P2KD) agar bekerja secara prosedural dan [rofesional agar tidak berbenturan dengan aturan yang ada.

“Mari sama-sama kita wujudkan pesta demokrasi ini jadi lebih baik dan mari sama-sama kita jaga,” pesan Kapolres sembari mengimbau kepada seluruh lapisan masyarakat melalui kepala desa dan calon kepala desa agar tidak melakukan pembakaran hutan dan lahan.

Sementara itu, Camat Harian dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada Kapolres dan rombongan yang sudah meluangkan waktu untuk membimbing masyarakat Kecamatan Harian, khususnya menjelang pelaksanaan Pilkades serentak agar berjalan dalam keadaan aman dan kondusif.

“Di sini saya jabarkan ada P2KD, tokoh masyarakat, tokoh adat, calon kepala desa dan Plh kepala desa yang siap mendengarkan serta menerima bimbingan dan arahan dari Bapak Kapolres. Kami mengucapkan selamat datang kepada Bapak Kapolres. Semoga selama menjalankan tugas di kabupaten Samosir tetap dalam lindungan Tuhan,” ucap Camat.

Senada dengan itu, Ketua Dewan Stasi Gereja Katolik Desa Janji Martahan adalah mengucapkan terima kasih dan sangat mengapresiasi kegiatan Bapak Kapolres yang sudi berkunjung setiap Minggu ke gereja-gereja yang ada di wilayah Kabupaten Samosir.

“Semoga selama bertugas di kabupaten Samosir, Bapak senantiasa dalam lindungan Tuhan, dan cepat naik pangkat,” katanya.

Sebagai bentuk apresisasi dan ucapan selamat datang, unsur Muspika Harian, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama beserta para Plh Kepala Desa Memberikan Cendra Mata Berupa Kain Ulos kepada Kapolres Samosir. (sb.rs)