Gubsu Buka GIIAS Medan 2019, Industri Otomotif Pemasok Devisa Terbesar

Gubsu Edy Rahmayadi (tengah) pada pembukaan GIIAS 2019 di Santika Dyandra Medan Rabu (23/10).

sentralberita|Medan~GIIAS Medan 2019 resmi dibuka hari ini, 23 Oktober 2019. Pameran otomotif milik Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO) ini berlangsung selama lima hari ke depan hingga Minggu, 27 Oktober 2019, di Santika Premiere Hotel & Convention, Medan.

Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi membuka acara GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) Rabu (23/10).
Hadir di sana Ketua DPRD Sumut di wakili oleh Wakil Ketua DPRD Sumut Rahmansyah Sibarani serta Dirjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan RI yang di wakilkan oleh Kasubdit uji tipe kendaraan bermotor, Dewanto Purnacandra.

Gubsu Edy Rahmayadi mengatakan bahwa industri otomotif menjadi salah satu pemasok devisa terbesar di Indonesia .”Di Sumatera sendiri masuk setiap bulan 3.000 kendaraan. Satu bulan pajak kendaraan Rp60 miliar.

“Hal ini berarti memberikan pemasukan untuk daerah,” ujarnya.

Gubsu menyebut Sumatera Utara menjadi satu provinsi dengan kapasitas perekonomian terbesar keenam di Indonesia, serta yang tertinggi di wilayah Pulau Sumatera. Bahkan, pertumbuhan ekonomi provinsi dengan ibukota Medan tersebut, tercatat selalu tumbuh di atas pertumbuhan ekonomi secara nasional.

“Dan kehadiran GIIAS di Medan tentu akan membawa nilai positif yang akan semakin menyokong tingkat pertumbuhan ekonomi kami,” paparnya.

Hal ini juga diakui Rizwan Alamsjah selaku ketua III GAIKINDO bahwa GIIAS Medan 2019 menjadi ajang yang menunjukkan pertumbuhan industri otomotif Indonesia. Ia juga meyakini akan pertumbuhan industri otomotif nasional, dan perkembangan positif yang dicatat provinsi Sumatera Utara akan menjadi salah satu pendorongnya.

Dari data pertumbuhan yang tercatat di GAIKINDO, Sumatera Utara saat ini berada di posisi tujuh dalam pencapaian pertumbuhan penjualan domestik Indonesia. “Sehingga kami berharap GIIAS Medan 2019 dapat menjadi sebuah ajang yang turut mendorong dan membesarkan industri otomotif Indonesia memasuki akhir tahun 2019 ini,” ujar Rizwan.

Dalam sambutannya Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Republik Indonesia yang diwakili oleh kasubdit uji tipe kendaraan bermotor Dewanto Purnacandra mengungkapkan apresiasi atas Kontribusi GAIKINDO yang sangat penting juga bagi Kementerian Perhubungan.

“Apresiasi kami kepada GAIKINDO yang telah mendukung kebijakan Kementerian Perhubungan dalam meningkatkan kendaraan bermotor yang berkeselamatan di Indonesia. Dan lewat penyelenggaraan GIIAS Medan 2019 kami harap akan dapat semakin memaksimalkan edukasi publik akan hal-hal yang berkaitan dengan perkembangan teknologi otomotif,” ungkapnya.

Kementerian Perhubungan menyampaikan apresiasi kepada GAIKINDO yang telah mendukung kebijakan kementerian perhubungan dalam meningkatkan kendaraan bermotor dan keselamatan Indonesia. “Kami mengungkapkan antusias atas penyelenggaraan GIIAS medan 2019 semoga dengan penyelenggaraan GIIAS ini meningkatkan prestasi membanggakan baik untuk peningkatan industri dibidang otomotif atau perekonomian di Indonesia.” pungkasnya.

Penyelenggaraan GIIAS Medan menjadi catatan tersendiri bagi GAIKINDO, untuk menutup rangkaian penyelenggaraan GIIAS The Series yang sebelumnya telah berlangsung dengan sukses di Surabaya, Jakarta, dan Makassar.

Ia juga menerangkan bahwa GIIAS Medan 2019 akan menampilkan delapan merek kendaraan ternama, yaitu DFSK, Honda, Lexus, Mitsubishi Motors, Renault, Toyota, Wuling, dan VW. Dari kategori sepeda motor AHM juga telah memastikan kehadirannya. Berbagai merek dari industri pendukung juga akan meramaikan pameran otomotif terbesar di Sumatera ini.

Berbagai program juga menyemarakkan GIIAS Medan 2019, program terbaru dan yang paling menarik dari GIIAS Medan 2019 adalah talkshow seputar bisnis otomotif, GIIAS Autopreneur yang telah menjadi magnet pengunjung dipenyelenggaraan rangkaian GIIAS The Series sebelumnya.(SB/wie)