Bunda PAUD: Kesadaran Melakukan CTPS Masih Rendah

sentralberita|Batubara~ Bunda Paud Batu Bara Ny. Maya Indriasari Zahir, S.E mengungkapkan, umumnya pengetahuan mengenai pentingnya melakukan (Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) sudah sangat tinggi, namun kesadaran untuk melakukannya yang masih rendah.

Tidak terbiasa melakukan cuci tangan yang benar pada saat-saat penting seperti, sebelum makan, sebelum menyiapkan makanan, setelah buang air besar, setelah kontak dengan binatang dan lain lain.

“Tangan baru akan di cuci jika terlihat kotor atau berbau, dan cuci tangan yang dilakukan pun belum benar seperti mencuci tangan hanya dengan air kobokan, cuci tangan tidak menggunakan sabun,” ujarnya pada acara cuci tangan pakai sabun di TK IT Al Ihya Tg Gading(14/10).

Maya menambahkan, implementasi cuci tangan yang benar dilaksanakan pada tatanan rumah tangga, sekolah, lingkungan kerja, sarana pelayanan kesehatan, dan tempat-tempat umum.

Masih kata Maya, kebiasaan mencuci tangan dengan menggunanakan sabun ini harus ditanamkan sejak dini kepada anak-anak, agar menjadi kebiasaan yang positif baik sebelum atau setelah melakukan aktifitas mereka sehari-hari.

Diakhir sambutan Bunda PAUD ini berpesan agara para ibu bersemangat dalam mepersiapkan anaknya sebagai generasi penerus. “Semangat terus ya para ibu semoga kita semua termasuk para ibu yang dapat mempersiapkan anak anak kita menjadi generasi penerus masa depan,” pesannya kepada para ibu yang turut hadir diacara tersebut.

Plt. Kadisdik Batu Bara, Ilyas Sitorus mengatakan kepada awak media di lokasi kegiatan, paling tidak ada 5 waktu penting untuk melaksanakan Cuci Tangan Pakai Sabun.

Kelima hal tersebut adalah “Setelah buang air besar, setelah membersihkan anak yang buang air besar, sebelum menyiapkan makanan, sebelum makan, setelah memegang atau menyentuh hewan.

Selain itu kita juga harus memperhatikan 5 langkah cuci tangan pakai sabun yang benar, basahi seluruh bagian tangan dengan air bersih mengalir, gosok sabun ke telapak, punggung tangan, dan sela-sela jari, bersihkan bagian bawah kuku-kuku, bilas tangan dengan air bersih mengalir, kemudian keringkan tangan dengan handuk atau lap yang bersih,” papar ncekli sapaan akrab ilyas.

Masih dilokasi yang sama Ketua IDI Kabupaten Batu Bara, dr. Dewi Chailaty bahwa dalam rangka hari cuci tangan nasional ini menghimbau kepada para kepala sekolah, mulai dari PAUD, TK, SD, SMP, SMA, dan SMK untuk menyediakan sarana cuci tangan pakai sabun di sekolah.

Ketua penyelenggara yang juga kepala sekolah TK IT mengatakan terimakasih kepada Pemerintah Kabupaten Batu Bara yang telah memilih sekolah kami TK IT Al Ihya Tg. Gading sebagai tempat Pelaksanaan Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) Masal memperingagi Hari Cuci Tangan Sedunia.
(SB/01/diur)