Besok, 38 Warga Sumut di Wamena Tiba di Medan

sentralberita|Medan~Sebanyak 38 orang warga Sumatera Utara yang eksodus dari Wamena, Papua akan tiba di Medan pada Rabu (9/10). Puluhan warga Sumut yang eksodus itu rencananya akan diterima di kantor Gubernur Sumut Jalan Diponegoro Medan.

Mereka sebelumnya eksodus dari Papua, dengan
transit di Surabaya dan Jakarta. Seterusnya lanjut menggunakan bus.

“Besok kembali di sini, kita terima di Pemprov di Jalan Diponegoro, di situ kita cek kesehatan. Saya berharap kabupaten dan kota yang
memiliki rakyatnya, untuk mengambil, untuk menampung, tapi kalau tak mau juga itu, nanti kita akan fasilitasi,” kata Gubsu Edy Rahmayadi kepada wartawan, Rabu (8/10)

Gubernur Edy Rahmayadi juga menyampaikan permintaan maaf karena tak bisa mengevakuasi warga
Sumatera Utara (Sumut) dari Wamena dengan pesawat terbang. Edy mengaku Pemprovsu mempunyai kemampuan terbatas.

“Kita, maaf saudara-saudara yang di Sumatera Utara ini, tak bisa itu kita fasilitasi dengan pesawat. Ini ribut-ribut orang, harus pakai pesawat. Bukan begitu. Kami siapkan bus, kami siapkan kapal laut.
Karena memang kemampuan kita itu,” kata Edy.

Namun dengan kemampuan yang ada itu, kata Edy, pihaknya tetap berkomitmen kuat untuk membantu proses pemulangan seluruh warga yang minta dipulangkan. Serta memastikan kebutuhan mereka terpenuhi hingga tiba di kampung halamannya masing-masing.

“Kita fasilitasi rakyat kita, yang memang ingin kembali ke kampungnya,” katanya.

Disebutkan Edy, data terakhir menunjukkan ada sekitar 800-an warga Sumut di Wamena, dan sebanyak 309 di antaranya menyatakan ingin kembali ke Sumut. Saat ini tim bentukan Pemerintah Provinsi Sumut
masih terus bekerja di Papua dan beberapa tempat lain, mendata dan memastikan siapa-siapa yang ingin kembali.

“Sudah delapan hari tim itu bekerja, dan mereka akan terus bekerja, sampai ini selesai,” tukasnya.(SB/Diur)