Belasan Rumah Rusak Diterpa Puting Beliung di Madina

Sentralberita|Madina~Belasan rumah di Desa Bonca Bayuon Kecamatan Lingga Bayu Kabupaten Mandailing Natal (Madina) Provinsi Sumatera Utara (Sumut) rusak diterpa angin puting beliung, hal itu terjadi sekira pukul 14:00 Wib pada minggu (13/10/2019).

Meski telah dipastikan tidak menimbulkan korban jiwa, namun kerugian materi warga masyarakat setempat diperkirakan puluhan juta rupiah.

Demikian dikatakan Kepala Desa Bonca Bayuon Edi Anwar Nasution kepada sentralberita.com saat sekira pukul 15:00 Wib.

Dijelaskannya, peristiwa tersebut terjadi secara tiba-tiba, dan diakuinya sejak pagi itu di Desanya cuaca nampak mendung. Tidak sampai lima menit angin itu datang dan merusak sejumlah rumah warga, ujar Kades Edi Anwar Nasution.

Selain telah merusak peralatan rumah tangga warga seperti parabola, angin puting beliung juga merusak sejumlah rumah warga yang diantaranya milik Lokot, (50), Ilman, (40), Sollim, (54),Yusron (39), Saipullah (25), Palit (34), Rosidah (47), Rasoki (45), Wonten (58), Amsar (47) dan fasilitas MCK di masjid, pungkas Kades Bonca Bayuon.

Salah seorang pemilik rumah terpaksa dibuatkan tenda karena untuk sementara tidak bisa ditempati. Menurutnya, peristiwa tersebut membuat warga panik, karena anginnya sangat kencang. “Lebih dari seratus meter atap rumah warga terbawa angin,” ucapnya.

Muhammad Sudirmin Nasution yang merupakan warga Desa Lobung Kecamatan Lingga Bayu mengomentari atas musibah yang melanda warga Desa Bonca Bayuon itu, diharap kepada pihak Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Mandailing Natal agar segera bertindak menyikapi musibah ini, dan menindaklanjuti sebagaimana mestinya, mengingat banyak warga yang merugi akibat bencana alam ini, pinta Aktivis LPPN RI Madina itu.(MAH)