Akreditasi Puskesmas di Madina, Bupati Minta Tingkatkan Integritas Kerja, Mutu dan Kualitas Pelayanan

sentralberita|Madina~Sejumlah Puskesmas (Pusat Kesehatan Masyarakat) yang tersebar di Wilayah Kabupaten Mandailing Natal (Madina) ini, pagi tadi sekira pukul 07:00 Wib telah melaksanakan Akreditasi secara serentak di Puskesmas masing-masing, kamis (24/10/2019).

Acara ini merupakan suatu proses penilaian eksternal oleh Komisi Akreditasi terhadap Puskesmas untuk menilai apakah system manajemen, mutu dan system penyelenggaraan pelayanan dan upaya pokok apakah telah sesuai dengan standar yang ditetapkan atau tidak.

Diketahui, pembukaan akreditasi saat di Puskesmas Patiluban itu, tampak dihadiri oleh seluruh unsur Muspika Plus Kecamatan Natal, sejumlah Kepala Desa yang ada di Kecamatan Natal, para tamu undangan lainnya, baik itu Lembaga Negeri maupun Swasta yang tak mungkin disebutkan satu persatu.

Akreditasi yang dilaksanakan oleh tiga dari sembilan Puskesmas yang belum pernah melaksanakan sebelumnya di Kabupaten Madina yang terdiri dari Puskesmas Patiluban dan Puskesmas Sikara-kara di Kecamatan Natal, serta Puskesmas Longat di Kecamatan Panyabungan Barat.

Hal itu telah dibenarkan oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Mandailing Natal dr.H.Syarifuddin Nasution saat diwawancarai sentralberita.com ketika berkunjung di Puskesmas Patiluban Kecamatan Natal, siang tadi.

Dijelaskannya, akreditasi yang menggunakan Tim Komisi Penilaian eksternal Akreditasi dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia ini dilangsungkan selama tiga hari berturut-turut, mulai dari hari ini kamis tanggal 24 oktober sampai dengan tanggal 26 oktober 2019 yang bertepatan pada hari sabtu sebagai hari penutupan kegiatan, ucap dr.H.Syarifuddin.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Madina dr.H.Syarifuddin Nasution mengatakan, bahwa Bapak Bupati sangat mendukung pelaksanaan akreditasi ini, beliau meminta kepada seluruh petugas puskesmas agar menjadikan kegiatan penilaian ini sebagai motivasi diri untuk meningkatkan kualitas pelaksanaan pelayanannya kepada masyarakat, serta meningkatkan integritas kerjanya masing-masing, kata Dahlan Hasan Nasution sebutnya.

Diungkapkan Syarifuddin, bahwa orang nomor satu di Madina itu menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Tim Kementerian Kesehatan RI yang telah bersedia berpartisipasi menjadi Tim Surveyor sekaligus sebagai komisi penilaian akreditasi di Mandailing Natal ini, semoga kegiatan ini bermanfaat bagi pelayanan kesehatan kepada masyarakat, harap Bupati, ucap Ketua IDI Kabupaten Madina itu.

Sementara itu, Direktur dr.Husni Thamrin Natal dr.Mhd. Faisal S kepada awak media ini menyampaikan dukungannya kepada Pimpinan beserta Jajaran Puskesmas Patiluban agar menunjukkan peningkatan kemajuan pelayanannya, sehingga menjadi catatan penilaian terbaik oleh surveyor dan tim penilai, sehingga kedepannya pelayanan kesehatan kepada masyarakat dapat terus ditingkatkan, ucap dr.Mhd. Faisal S. (MAH)