Putra Walikota Medan dan Mantan Walikota Dilantik Jadi DPRD Medan

sentralberita|Medan~ Dari 50 anggota DPRD Medan yang dilantik, Senin (16/9/2019) di Gedung Paripurna, diantaranya T Edriansyah Rendy SH yang merupakan putra Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi MH dari Parta Nasional Demokrat (Nasdem) Kota Medan.

Di samping itu,terdapat anak mantan Wali Kota Medan Drs H Abdillah AK MBA yakni Afif Abdillah yang juga berasal dari Nasdem.

Rapat Paripurna DPRD Kota Medan dalam rangka Pengucapan Sumpah/Janji Anggota DPRD Medan Masa Jabatan 2019-2024 berlangsung dipimpin Jhon Henry Hutagalung, Iswanda Ramli dan Ihwan Ritonga berlansung penuh khidmat.

Ketua Pengadilan Negeri (PN) Medan Kelas IA Khusus Dr Djaniko M H Girsang SH MH yang mengambil sumpah/janji 50 wakil rakyat yang akan bertugas di Gedung DPRD Medan tersebut.

PDI Perjuangan Kota Medan dan Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) merupakan partai paling banyak yang menempatkan kadernya duduk di DPRD Medan dengan jumlah masing-masing 10 orang.

Di tempat kedua ditempati Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dengan 8 orang. Lalu menyusul Partai Amanat Nasional (PAN) 6 orang, Partai Golongan Karya (Golkar) bersama Partai Nasdem serta Partai Demokrat sama-sama menempatkan 4 wakilnya. Kemudian Partai Solidaritas Indonesia (PSI) dan Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) juga masing-masing menempatkan 2 orang wakilnya serta Partai Persatuan Pembangunan (PPP) 1 orang.

Prosesi pengambilan sumpah/janji dihadiri Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi MH, Wakil Wali Kota Ir H Akhyar Nasution MSi, Sekda Kota Medan Ir Wiriya Alrahman MM, unsur forum koordinasi pimpinan daerah (Forkopimda) Kota Medan, Ketua TP PKK Kota Medan Ny Hj Rita Maharani SH, seluruh pimpinan OPD di lingkungan Pemko Medan, camat serta keluarga 50 anggota DPRD Medan periode 2019-2024 yang dilantik.

Sebelum pengambilan sumpah/janji dilakukan, acara diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya. Setelah itu dilanjutkan dengan kata pembukaan yang disampaikan Henry Jhon Hutagalung selaku pimpinan Rapat Paripurna.

Lalu dilanjutkan dengan pembacaan SK Pemberhentian anggota DPRD Medan periode 2014-2019 dan SK Pengangkatan anggota DPRD Medan periode 2019-2024 dari Gubernur Sumatera Utara oleh Sekretaris Dewan (Sekwan) Abdul Azis.

Usai pengambilan sumpah/janji, Ketua PN Medan Kelas IA Khusus menyematkan pin secara simbolis kepada empat anggota DPRD Medan. Setelah itu, acara dilanjutkan dengan penetapan Hasyim SE dari PDI Perjuangan sebagai Ketua DPRD Medan sementara dan Ihwan Ritonga dari Partai Gerindra sebagai Wakil Ketua.

Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi MH menyampaikan ucapan selamat atas pengambilan sumpah/janji 50 orang anggota DPRD Medan masa jabatan 2019-2024. Diharapkan Wali Kota, seluruh wakil rakyat dapat menjalankan tugas dan amanah yang telah diberikan warga Kota Medan.

“Semoga seluruh anggota dewan yang baru dapat membawa aspirasi masyarakat yang telah memilih saudara menjadi wakil rakyat guna menuntaskan berbagai persoalan yang terjadi di tengah-tengah masyarakat, sehingga menjadi lebih baik lagi ke depannya,” kata Wali Kota.

Selanjutnya, Wali Kota berharap sinergitas yang selama ini sudah terbangun dengan baik antara Pemko Medan dan DPRD Medan dapat menjadi lebih baik lagi. Untuk itu bilang Wali Kota, seluruh jajaran Pemko Medan siap menerima masukan dan kritikan yang sifatnya membangun demi kemajuan Kota Medan serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Apalagi tambah Wali Kota, di antara 50 anggota DPRD Medan yang baru diambil sumpah/janji, ada sebagian wajah lama yang terpilih kembali. Tentunya, mereka nantinya dapat mempertahankan  capaian keberhasilan yang telah diraih.

“Anggota dewan yang lama dan terpilih kembali kita harapkan dapat menjadi motivator bagi anggota dewan yang baru, terutama dalam formasi dewan yang baru ini banyak diisi generasi muda. Tentunya, dengan pengalaman mereka selama 5 tahun, kita harapkan mereka dapat menjadi inspirasi bagi dewan yang baru dalam menampung aspirasi masyarakat, perumusan kebijakan dan peraturan daerah serta membuat prioritas pembangunan di Kota Medan yang kita cintai bersama,” harapnya. (SB/01/H/KU)

Comments