Petanque Milik Medan Deli

Sentralberita|Medan ~ Cabang olahraga petanque menjadi milik Medan Deli setelah tampil sebagai juara umum diajang Porkot Medan XI/2019 yang digelar di Lapangan Petanque Sumut di Kampus STOK Bina Guna dan berakhir Rabu (11/9).

Medan Deli berhasil sabet dua medali emas yang didapat dari nomor single men dan double men. Nomor single men diraih Claudius Samuel Malau yang menang dari M Reza Alfa Hasibuan (Medan Marelan). Sedangkan nomor double men, dipersembahkan Rasya Althof/Dimas Arif Hidayat usai taklukan Dedy Simaremare/Rozalul Fikri dari Medan Timur.

Sedangkan posisi kedua ditempati Medan Marelan atas perolehan 1 emas dan 1 perak. Medan Tembung amankan posisi ketiga dengan perbendaharaan 1 emas dan 2 perunggu. Medan Denai harus puas dirangking keempat setelah hanya raih 2 perak dan Medan Timur ditempat kelima atas 1 perak.

Ketua KONI Medan, Eddy H Sibarani mengapresiasi perkembangan signifikan cabor yang baru dipertandingkan dengan resmi di Porkot XI ini. Dengan perkembangan tersebut dibuktikan dengan lolosnya Petanque Sumut ke PON 2020 Papua. “Petanque ini perkembangannya sangat baik. Dipertandingan di Porkot ini setelah atlet berjuang lolos ke PON,” ujarnya.

Turut hadir, Ketua Harian FOPI Sumut, Ibrahim Sembiring, Ketua Pengcab FOPI Medan, Rohanim, Sekum FOPI Medan, Abdul Latif Rusdi dan Ketua Panitia, Safrian Idris Ginting, Eddy menyebutkan, menatap PON 2024, lanjut Eddy, menjadi memotivasi para atlet yang akan menjadi ujung tombak petanque Sumut yang saat menjadi tuan rumah bersama Aceh dipesta olahraga nasional itu. “Empat tahun lagi tidak terasa 2024. Dengan peluang itu, jadikan sentra pembinaan di Medan. KONI Medan siap mendukung petanque mengelar event apa pun. Karena peluang medali dari petanque cukup tinggi,” tegas Eddy.

Sedangkan Ketua FOPI Medan, Rohanim mengatakan, pihaknya siap kawal hasil Porkot ini yang diproyeksikan menjadi atlet Petanque Sumut di PON 2024 mendatang. Jelas, beban berat akan dipikul atlet karena Sumut menjadi tuan rumah olahraga asal Prancis itu. “Saya sangat bangga, hasil Porkot tahun ini menjadi kalian akan menjadi harapan bagi petanque Medan mau pun Sumut di PON 2024 mendatang. Waktu masih panjang, tapi kita harus persiapkan diri mulai dari sekarang,” pungkasnya.

(SB/01)

Comments