Penyulutan Api Porkot Dessy Indri Astuti, Puncak Porkot Medan, Diresmikan Walikota Sabtu Sore

Persiapan penyalaan api Porkot di acara gladi bersih acara pembukaan Porkot Medan XI di stadion Teladan, Jumat (6/9) sore.

sentralberita|Medan~Pekan Olahraga Kota (Porkot) Medan XI Tahun 2019 bergulir mulai hari ini dan Wali Kota Medan Drs HT Dzulmi Eldin S MSi MH akan membuka langsung acara pembukaan di Stadion Teladan Medan, Sabtu (7/9) sore.

Ketua Umum KONI Medan Drs Eddy H Sibarani di sela-sela menyaksikan gladi bersih acara pembukaan Jumat (6/9) sore mengatakan, Wali Kota Medan akan membuka gelaran ajang multi event olahraga kebanggaan Kota Medan ini didampingi jajaran FKPD serta undangan lainnya.

“Acara pembukaan ditandai dengan penekanan tombol dibarengi pelepasan balon dan burung dara,” sebut Eddy Sibarani didampingi Ketua PB Porkot Medan XI HT Daniel Mozard.

Menurut Eddy Sibarani, acara pembukaan dikemas ramai dan meriah, karena menyajikan atraksi dan hiburan. “Kita berharap masyarakat ramai berbondong-bondong menyaksikan acara pembukaan,” tuturnya.

Dikatakan, acara pembukaan Porkot Medan XI diawali dengan defile 21 kecamatan kontingen peserta Porkot. Puncak acara pembukaan adalah penyulutan api Porkot oleh atlet wushu Dessy Indri Astuti yang pernah menyandang gelar juara dunia junior  bersama H. Sutiyono legenda balap sepeda yang pernah juara Asia.

Sedangkan pembacaan janji atlet oleh dua atlet nomor angkat berat Kota Medan Daud Gowasa bersama Luwigita Susilo yang akhir Agustus tampil di Kejurnas PABBSI 2019 sekaligus Pra PON XX Tahun 2020 di Bandung dan berhasil meraih tiket lolos PON.

“Acara pembukaan kita kemas sedemikian rupa agar benar-benar menarik ditonton. Ada juga tarian massal Ahooy yang dibawakan oleh 600 pelajar SMP. Disamping menyediakan lucky draw dengan hadiah utama satu unit sepeda motor Honda. Tentunya juga ada atraksi hiburan,” terang Ketua Umum Kota Medan.

Ketua PB Porkot Medan 2019 HT Daniel Mozard menambahkan,  ajang Porkot Medan 2019 diikuti 3.829  dari 21 kecamatan di Kota Medan. Mereka, sebutnya bersaing di 35 cabang olahraga dengan mempertandingkan 325 nomor perlombaan. 
“Porkot Medan XI tahun ini menjadi strategis, karena menjadi sarana seleksi bagi atlet-atlet muda Kota Medan, untuk dipersiapkan menuju PON XXI Tahun 2024, di mana Sumut menjadi tuan rumah bersama Aceh,” papar HT Daniel Mozard.

“Kita harapkan Porkot Medan 2019 berjalan lancar dan sukses serta mampu melahirkan atlet juara dan rekor-rekor Porkot baru,” tandas Ketua PB Porkot Medan 2019. (SB/01)

Comments