Dari 15 Kloter,Sudah 5.838 (67,54 %) Calhaj Sumut Diberangkatkan ke Tanah Suci

sentralberita|Medan~Kepala Kantor Kementerian Agama Provinsi Sumatera Utara , H. Iwan zulhami SH selaku ketua PPIH embarkasi Medan, menyatakan hingga 15 kloter keberangkatan jemaah calon haji embarkasi Medan, Sabtu malam,(27/7) jumlah jemaah yang sudah diberangkatkan ke tanah suci, 5838 orang atau sekitar 67,54 %.

Pernyataan ini disampaikan Iwan Zulhami kepada wartawan, usai melepas keberangkatan jemaah haji kloter 15 asal Kabupaten Labuhan Batu Selatan dan kota Medan, di aula Asrama Haji Medan, Sabtu malam (27/7/2019).

Menurut Iwan, ada 7 kelompok terbang lagi yang akan diberangkatkan secara berturut-turut ,hingga kloter 22 tanggal 5 agustus 2019 mendatang.

Menjawab pertanyaan tentang adanya jemaah calon haji yang dirawat di rumah sakit dan ditunda keberangkatannya seperti dialami oleh Zainal Abidin, jemaah calon haji dari Kota Binjai, yang seharusnya berangkat pada kloter 12, namun hingga kloter 15, belum ada kepastian diberangkatkan, kata Iwan Zulhami bahwa penolakan keberangkatan atau penundaan adalah hak sepenuhnya dari tim kesehatan ,namun dia yakin ,bahwa apabila para jemaah telah dinyatakan sehat ,maka jemaah yang sakit tentu akan bisa diberangkatkan pada kelompok terbang berikutnya ,misalnya di kloter terakhir yakni kloter 22 tanggal 5 agustus 2019.

Sementara itu, di Asrama haji Medan, Sabtu malam ini, telah masuk 399 jemaah calhaj kloter 16 asal Kabupaten Deli Serdang Sumut, dan akan diberangkan hari Minggu malam, 28 Juli 2019. (SB/Nindi)