BNN Amankan 90 Bukus Sabu dan Ektasi dari Malaysia, Ini Kronologis Panangkapan Pelakuknya

sentralberita|Medan~Selasa tanggal 2 Juli 2019, Tim BNN menerima info dari masyarakat tentang adanya speed boad yang berlabuh di perairan Tanjung Balai Asahan membawa narkotika yang diambil dari wilayah perbatasan Malaysia.

Menurut Deputi Pemberantasan dan Penindakan BNN, Irjen Arman Depari, Kamis (4/7/2019), berdasarkan informasi tersebut , Team BNN kemudian melakukan penyelidikan dan mencurigai sebuah mobil inova warna hitam no pol BK 1430 HG dan mengikuti mobil tsb ( dgn tehnik survilance).

Ketika mobil tersebut keluar dari sebuah rumah menuju jalan raya, sekitar pukul 17.15 Wib, tepat di perlintasan rel kereta api Simpang Warung Kisaran ,mobil innova tersebut dihentikan dan digeledah dengan hasil bahwa didalam mobil ditemukan 3 (tiga ) ban dalam mobil yg berisi narkotika jenis sabhu dan ekstasi serta mengamankan 2 penumpang an ADI PUTRA als TISON dan ARDIANSYAH als YUNI.

Berdasarkan keterangan kedua orang tsb bahwa mereka masih menyimpan narkotika di sebuah rumah di Lubuk palas,Asahan.
Kemudian team BNN mendatangi rumah tsb dan menemukan 1 (satu) ban dalam mobil yg berisi narkotika di belakang rumah dan berhasil mengamankan 1 orang penunggu rumah an. FADLI.

Kemudian tim melakukan pengembangan atas kasus tsb untuk mencari pelaku lainnya dimana diketahui salah satunya menggunakan mobil Honda Jazz No.Pol : BK 1004 VP yang melintas ke arah Batubara.
Sekira pukul 17.30 Wib, Team BNN menemukan mobil Honda Jazz tersebut dengan kecepatan tinggi menuju ke arah batu bara, pada saat melakukan pengejaran mobil tersebut, tiba2 tim BNN disalip oleh sebuah mobil Avansa No.Pol : B 1321 KIJ dan ketika Tim BNN akan menyalip Mobil Avansa tersebut tidak memberikan jalan dan berusaha menghalang-halangi.

Namun demikian team terus melakukan pengejaran dan sekira pukul 18.30 Wib Team berhasil menangkap Honda Jazz tersebut dan mengamankan 2 penumpangnya an. HANAFI dan AMIRUDIN di Jalan Perintis Kemerdekaan Batubara, namun mobil Avansa berhasil lolos dari pengejaran menuju ke arah pelabuhan.

Kemudian team berupaya mencari mobil Avansa tersebut ke arah pelabuhan, namun tidak berhasil menemukannya.

Selanjutnya team BNN terus mengembangkan terhadap para pelaku lainnya dan pada hari Rabu tgl 3 Juli 2019 sekira pukul 01.30 Wib, team BNN berhasil menangkap 2 (dua) orang pelaku lainnya an. ZUL dan NAZAR di sebuah rumah di dalam perkebunan sawit di daerah Teluk Dalam, Kab Asahan.

Kemudian Team BNN terus mengembangkan terhadap pelaku lainnya yang diketahui berada di wilayah Deli Serdang.
Ketika Team BNN sedang melakukan pencarian tepatnya di Jalan Perhubungan Lao Dendang, Medan Tembung, Sumut, yang mana di lokasi ini Team BNN menemukan kembali mobil avanza putih BK 1321 KIJ yg berhasil lolos dari tangkapan.

Kemudian team berupaya untuk menghentikan mobil tsb, namun mobil tersebut masih tetap berusaha untuk melarikan diri bahkan menabrak dan berupaya mencelakai serta membahayakan petugas.!

Melihat kondisi yg demikian Team BNN terus melakukan pengejaran dan berupaya memberikan peringatan dengan beberapa kali tembakan namun tidak dihiraukan justru mobil Avansa tersebut terus melarikan diri, sehingga petugas mengarahkan tembakan yg terukur ke mobil tersebut.

Setelah terjadi kejar- kejaran akhirnya mobil avanza tersebut berhenti dan ketika sudah berhenti terlihat beberapa orang ke luar dari mobil dan melarikan diri.
Ketika dilakukan pemeriksaan di dalamnya terdapat 3 orang penumpang an SULAEMAN, M. YUSUF dan M. YASIN, dimana dari 3 penumpang tersebut ditemukan 2 orang penumpang yg luka yaitu an. M.YASIN dan M. YUSUF.

Selanjutnya Petugas berupaya memberikan pertolongan kpd yg terluka dengan membawa ke RS. Haji Medan.
Namun setibanya di rumah sakit, M.YASIN dinyatakan meninggal dan M. YUSUF mengalami luka pada betis kaki kiri dan saat ini dirawat di RS Bhayangkara,

Kemudian pada tgl 3 Juli 2019 sekira pukul 16.15 wib Team BNN berhasil menangkap 1 (satu) orang pelaku lainnya an. TARMIZI als GENG di salah satu rumah milik Nisa di Gg. Riski, Bandar Klipa, Kec Percut Sei Tuan, Kab. Deli Serdang.

  1. Barang bukti narkotika
    4 (empat) ban dalam mobil yg berisi narkotika : – sabhu sebanyak 70 bungkus dengan berat 81.862,6 gram
  • ekstasi 20 bungkus dengan jumlah 102,657 butir
    BB sabhu dan ekstasi tsb berasal dari Malaysia dan diserahterimakan ditengah laut antara kapal ke kapal ( ship to ship)
  1. BB non narkotika
  • 1 mobil Toyota Inova BK 1430 HG
  • 1 mobil Honda Jazz BK 1004 VP
  • 1 mobil inova BK 1144 VI
  • 1 mobil CRV No.Pol BK 1735 KY
  • 1 mobil CRV No. Pol BK 1832 UO
  • 1 mobil Avansa B 1321 KIJ
  • Beberapa alat komunikasi ( HP)
  1. Tersangka
    1) Adi Putra a
    2) Ardiansyah
    3) Fadli
    4) Hanafi
    5) Amirudin
    6) Zul AB
    7) Nazarudin
    8) Tarmizi

Turut diamankan para penumpang Avansa B 1321 KIJ :
1) Sulaeman
2) M. Yusuf Adi Putrama ( luka tembak di betis kaki kiri)
3) M. Yasin ( MD)
4. Sofyan Hidayat
.5) Roby

Saat ini tersangka dan BB diamankan di BNNP Sumut untuk dilakukan pengembangan dan penyelidikan. (SB/01)