Rayakan HUT ke-243, 70 Tahun Hubungan Diplomatik RI-AS


Dubes AS Joseph R Donovan Jr dan Konsul AS untuk Sumatera Juha Salin foto bersama Pj Gubernur Aceh, para konsul negara sahabat pada perayaan Hari Kemerdekaan AS ke 243 di Hotel JW Mariot Medan Kamis (20/6) malam.

sentralberita|Medan~Duta Besar RI untuk Indonesia Joseph R Donovan Jr dan Konsul Amerika Serikat untuk Sumatera Juha Salin menyelenggarakan perayaan Hari Kemerdekaan Amerika Serikat Ke 243 secara sederhana dan meriah di Hotel JW Marriot Medan Kamis (20/6/2019) malam.

Acara itu dihadiri Gubsu Edy Rahmawati diwakili Staf Ahli Bidang Ekonomi, Keuangan, Pembangunan, Aset dan Sumber Daya Alam (SDA) Agus Triyono, Walikota Medan Dzulmi Eldin, Pj Gubernur Aceh, Konsul Negara Sahabat seperti Konsul Malaysia Amizal Razali, Konsul Jepang Takeshi Ishii, Konsul China dan para tokoh masyarakat di daerah ini.

Konsul AS untuk Sumatera Juha Salin mengatakan perayaan Hari Kemerdekaan AS ke 243 tahun ini sekaligus memperingati 70 tahun hubungan diplomatik antara Indonesia dan Amerika Serikat bertema “Merayakan keberagaman, kemitraan dan kemakmuran”.

Perayaan Hari Kemerdekaan ini bertepatan dengan Hari Raya Idul Fitri. “Kami ucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri. Malam ini malam terakhir saya ada di sini karena besok sudah kembali lagi ke Amerika Serikat,” ungkap Juha.

Konsul Juha mengakhiri tugasnya di Pulau Sumatera setelah 3 tahun menjabat di Pulau Sumatera. “Kata orang Sumatera, kalau sudah minum air Sumatera maka akan balik lagi ke sini,” kata Juha.

Dubes AS Joseph R. Donovan Jr mengakui selama tiga tahun di Indonesia, dia melihat berbagai contoh kemajuan bersama yang telah dicapai AS dan Indonesia berkat kemitraan yang telah terjalin sejak 70 tahun lalu.

Donovan menyebut arti penting Sumatera dalam hubungan bilateral kedua negara. Pada bulan Ramadhan, Donovan mengunjungi Sumatera Barat untuk melakukan safari Ramadhan di Kota Padang, Bukittinggi dan Padang Panjang. Dalam kunjungan itu, Donovan berkesempatan untuk bertukar pikiran mengenai berbagai tradisi Ramadhan dengan para ulama, cendikiawan muslim, pejabat setempat, guru dan siswa. Ia juga sempat mengunjungi pesantren termasuk pesantren tertua di Indonesia diikuti buka puasa bersama dengan para santri.

Dubes Donovan menyebut dalam kunjungannya ke Sumatera Utara, ia bertemu dengan Wakil Gubsu Musa Rajekshah dan Walikota Medan Dzulmi Eldin untuk menjajaki j kerjasama bidang ekonomi, infrastruktur, lingkungan dan pendidikan.

“Saya juga terima kasih ke Konsulat AS untuk Sumatera atas dukungannya selama ini,” ungkap Donovan.

Dubes menyebut peringatan 70 tahun hubungan diplomatik Indonesia-AS menitikberatkan kepada keragaman dan kematangan demokrasi kedua negara dan upaya untuk menciptakan kemakmuran bersama di masa depan bagi generasi SB/wie)