Caleg DPR-RI PDI-P Dominasi Kursi di Dapil Sumut III

sentralberita|Medan~Calon Legislatif DPR-RI dari Partai PDI-P yang terpilih pada Pemilu 2019 untuk Daerah Pemilihan Sumut III didominasi dari Caleg PDI-P. Pasalnya dari Dapil ini, partai berlambang banteng ini kemungkinan meraih tiga kursi ke Senayan.

Berdasarkan rekapitulasi suara yang dilakukan Komisi Pemilihan Umum Sumut, PDI Perjuangan kemungkinan akan mendapatkan tiga kursi untuk DPR RI dapil Sumut III. Tergantung apakah Partai Perindo nantinya bebas tidak dapat memenuhi ambang batas (parliamentary threshold) sebesar 4%. Namun berdasarkan perolehan suara, Perindo dimungkinkan mendapatkan satu kursi.

Sekretaria Badan Pemenangan Pemilu DPW Partai Nasdem Sumatera Utara, Ganda Manurung menjelaskan, Kamis (9/5/2019) mengungkapkan, mantan Wakil Gubernur Sumatera Utara Nurhajizah Marpaung gagal terpilih menjadi anggota DPR RI dari daerah pemilihan Sumut III Partai Nasdem. Dia tersingkir oleh caleg lainnya, Rudi Hartono Bangun. Nasdem hanya meraih satu dari sepuluh kursi yang menjadi kuota Sumut III.

Dapil Sumut III meliputi Tanah Karo, Simalungun, Siantar, Binjai, Langkat, Dairi, Pakpak Bharat, Batubara, Asahan dan Kota Tanjungbalai. Selain Nurhajizah, juga gagal terpilih Ali Umri (calon incumbent), Jenny Berutu dan sebagainya.

Selengkapnya nama-nama caleg yang diperkirakan terpilih jadi anggota DPR RI dari dapil Sumut III adalah sebagai berikut:

  1. Djarot Saiful Hidayat (PDI Perjuangan)
  2. Junimart Girsang (PDIP)
  3. Ahmad Doli Kurnia Tanjung (Golkar)
  4. Delia Pratiwi Sitepu (Golkar)
  5. Rudi Hartono Bangun (Nasdem)
  6. Hinca Panjaitan (Demokrat)
  7. Djohar Arifin Husin (Gerindra)
  8. Nasril Bahar (PAN)
  9. Anshory Siregar (PKS)
  10. Arya Mahendra Sinulingga (Perindo) atau Bob Andika Manana Sitepu (PDIP).(SB/01)