Warga Perumahan Puri Damuli Minimalis 3 Mengeluh, Tembok Penahan Tanah Longsor

sentralberita ~ Warga perumahan Puri Damuli Minimalis Tahap tiga, Desa Damuli Pekan, Kecamatan Kualuh Hulu, Kabupaten Labuhanbatu Utara (Labura) mengeluh akibat banyaknya tembok penahan tanah pekarangan rumahnya longsor pasca musim penghujan beberapa hari ini.

R.N boru juntak didampingi beberapa warga perumahan, senin (1/4) mengatakan pada awak media, disini sudah banyak yang longsor tembok penahan tanah pekarangan rumah. Akibat derasnya air mengalir dari saluran parit (drainase) dan menyebabkan dinding drainase amblas sampai merobohkan tembok penahan tanah rumah warga. Ujarnya.

Dijelaskannya, Pasalnya drainase pada perumahan subsidi pemeritah ini yang dibangun oleh pihak pengembang (developer) sekira tiga tahun yang lalu tidak dilantai semen. Jadi jika musim penghujan arus air sangat deras dan mengeruk tanah membuat rongga sampai terjadi longsor .

Lanjutnya, posisi dinding parit dengan tembok penahan tanah rumah warga menyatu, jika drainasi amblas maka temboknya pun hancur. Bahkan belum lama ini, rumah warga ada yang rubuh akibat tanahnya tergerus air dan tak sedikit mengalami keretakan pada dinding. Tandasnya.

Hal senada dikatakan Ali Nasution salah seorang warga yang tadi malam tembok penahan tanah rumahnya amblas.

“seharusnya drainase itu lantainya disemen. Agar tak menggerus tanah. Dimana – mana pembangunan parit itu dilantai semen. Ini sudah asal jadi saja pengerjaannya (tak becus). Kuat dugaan ada unsur korupsi dalam pengerjaan ini, agar dana material bisa diuntungkan pihak rekanan. Tukasnya.

Warga menghimbau pada pihak pengembang (Developer) Perumahan Puri Damuli Minimalis Tahap 3 agar segera melantai drainase agar tidak memakan korban. Banyak warga sudah dirugikan dan tak sedikit biaya materi yang sudah habis. (SB/wan)