Wali Kota Minta Dinas PU, DKP & Dishub Sinergi Atasi Banjir, Sampah & Kemacetan

sentralberita|Medan~Wali Kota Medan Drs H.T Dzulmi Eldin S  MSi MH minta agar Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Medan bisa melakukan koordinasi dan kerjasama dengan berbagai instansi lain setiap kali akan melaksanakan berbagai program yang telah direncanakan sebelumnya.

Dikatakan Wali Kota, sinergi antar instansi dalam pemerintahan snagat penting untuk menghindari terjadinya saling tumpang tindih program sehingga berakibat inefisiensi anggaran dan kurang efektinya dampak program tersebut kepada masyarakat.

“Saya harap Dinas PU cepat tanggap dan segera melakukan perbaikan terhadap sarana dan prasarana yang kondisinya kurang baik. Jangan baru bergerak ketika warga telah protes,”  kata Wali Kota ketika membuka pertemuan Forum Perangkat Daerah Dinas Pekerjaan Umum (PU) di Hotel Saka Premiere, Jalan Gajah Mada Medan, Selasa (5/3).

Wali Kota mencontohkan  berita viral tentang protes warga di Sumatera Selatan atas rusaknya infrastruktur jalan dengan cara mandi di kubangan lumpur. Peristiwa itu, ungkapnya, telah telah menginspirasi beberapa tempat lain melakukan protes dengan cara yang hampir sama.

“Jadi kita tindak ingin hal yang sama terjadi di Kota Medan. Oleh karenanya saya minta seluruh jajaran Dinas PU segera memperbaiki sarana dan prasarana yang kurang baik!” tegasnya.

Dalam pertemuan Forum Perangkat Daerah Dinas PU yang dihadiri Asisten Ekbang Khairul Syahnan, Kadis Pekerjaan Umum Isa Ansyari S  ST,  Kadis kebersihan dan Pertamanan HM Husni, Suriono mewakili Dinas Perhubungan dan camat, Wali Kota selanjutnya mengungkapkan, permasalahan banjir, sampah dan macet merupakan masalah yang klasik di Kota Medan.

Pemko Medan bilang Wali Kota, telah melakukan berbagai upaya dan akan terus melakukan guna mengatasi persoalan tersebut. Sebab, masyarakat pun kerap menilai hasil kinerja pemerintah melalui cara penanganan masalah – masalah tersebut.

Wali Kota menggarisbawahi, ketiga permasalahan klasik itu bukan hanya berkait dengan Dinas PU, Dinas Kebersihan dan Pertamanan serta Dinas Perhubungan semata. Untuk mengatasinya, tegas Wali kota, tentunya ketiga OPD itu harus bisa saling berkoordinasi dan bekerjasama lintas intansi.

Atas dasar itulah Wali Kota sangat mengapresiasi dan mendukung penuh digelarnya pertemuan Forum Perangkat Daerah Dinas PU. “Melalui Pertemuan ini, saya minta agar Dinas PU dapat berkoordinasi dengan Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) serta Dinas Perhubungan (Dishub) guna mengatasi persoalan klasik di Kota Medan yakni banjir, sampah dan kemacetan.

Usai dibuka Wali Kota, pertemuan Forum Perangkat Daerah Dinas PU dilanjutkan kembali. Agar pertemuan berjalan efektif dan memberikan out put sesuai harapan, Dinas PU menghadirkan sejumlah narasumber diantaranya  Prof Johannes Tarigan, Ir Makmur Ginting dan Kores Sirait.

Sementara itu menurut Kadis PU Kota Medan Isa Ansyari S ST, forum ini memiliki peran yang sangat strategis, terutama dalam memperoleh balasan dan pertimbangan dari para pemangku kepentingan sebagaimana yang diamanatkan Peraturan Mendagri No.86/ 2017 tentang Tata Cara Perencanaan, Pengendalian dan Evaluasi Rancangan Peraturan Daerah.

“Hasil pertemuan ini selanjutnya akan menjadi bahan masukan dalam proses Musrenbang RKPD Kota Medan tahun 2020 dalam hal penyelarasan program dan kegiatan pembangunan Kota Medan.  Selain itu adanya forum ini maka perencanaan pembangunan partisipatif dapat lebih diketahui dan di erap untuk dikonsultasikan pada masyarakat dan pemangku kepentingan dalam Musrenbang tingkat Kota Medan,” terang Isa. (SB/01/H/KU)

3 thoughts on “Wali Kota Minta Dinas PU, DKP & Dishub Sinergi Atasi Banjir, Sampah & Kemacetan

  • Oktober 10, 2023 pada 1:02 pm
    Permalink

    779499 703569Hello, Neat post. There can be a issue along with your site in internet explorer, could test thisK IE nonetheless is the marketplace leader and a large portion of folks will leave out your excellent writing due to this dilemma. 806515

  • November 10, 2023 pada 11:26 pm
    Permalink

    310530 188361I feel other internet site proprietors should take this web site as an model, extremely clean and superb user genial style . 330175

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *