Kapasitas 172 Sekcam & Seklur se-Kota Medan Ditingkatkan

sentralberita|Sibolangit~Wakil Wali Kota Medan Ir H Akhyar Nasution MSi membuka Kegiatan Peningkatan Kapasitas dan Pemahaman Penyelenggara Pemerintahan Aparatur Pemerintah Daerah yang diikuti seluruh Sekretaris Camat (Sekcam) dan Sekretaris Lurah (Seklur) se-Kota Medan tahun 2019. Kegiatan yang berlangsung selama tiga hari mulai 26-28 Maret itu digelar di The Hill Jalan Jamin Ginting, Kecamatan Sibolangit, Kabupaten Deliserdang.

 Adapun tujuan Kegiatan Peningkatan Kapasitas dan Pemahaman Penyelenggara Pemerintahan Aparatur Pemerintah Daerah agar seluruh Sekcam dan Seklur se-Kota Medan dapat lebih meningkatkan mutu dan kualitasnya dalam memberikan pelayanan terhadap masyarakat. Oleh karenanya kegiatan ini diisi dengan berbagai materi yang berhubungan langsung dengan kebutuhan kerja para aparatur. Dengan demikian usai mengikuti kegiatan ini, kapasitas dan pemahaman aparatur pemerintah daerah diharapkan semakin meningkat dan berkualitas.

Dalam arahannya di hadapan seluruh Sekcam dan Seklur, Wakil Wali mengapresiasi diadakannya kegiatan peningkatan kapasitas dan penyelenggaraan pemerintahan bagi seluruh Sekcam dan Seklur tersebut.  Sebab, out put yang diinginkan dari kegiatan tersebut adalah para Sekcam dan Seklur se-Kota Medan dapat menjalankan tugas pokok dan fungsinya secara konkrit sebagai seorang aparatur penyelenggara pemerintahan.

  ‘’Kita mengetahui bahwa pemerintah memiliki empat fungsi yakni fungsi pelayanan, pengaturan, pembangunan dan pemberdayaan. Keempat fungsi tersebut ada dalam lingkup pemerintah kecamatan maupun kelurahan. Oleh karena itu, sebagai wakil kepala wilayah di wilayah kerjanya masing-masing, seluruh Sekcam dan Seklur harus mampu melaksanakan keempat fungsi pemerintahan tersebut,’’ kata Wakil Wali Kota.

Di hadapan 172 peserta yang mengikuti kegiatan peningkatan kapasitas tersebut, Wakil Wali Kota selanjutnya menekankan agar seluruh Sekcam dan Seklur dapat menjalankan tugas yang diemban dengan penuh tanggung jawab. Dengan begitu seluruh aparatur pemerintah daerah dapat menciptakan efektivitas dan kualitas kerja serta layanan yang optimal sehingga manfaatnya dapat dirasakan oleh masyarakat.

  ‘’Dalam menjalankan peran dan fungsinya, saya ingin seluruh Sekcam dan Seklur benar-benar melaksanakan kinerjanya dengan sebaik mungkin. Selain itu, persiapkan mental, disiplin dan etos kerja yang baik. Sebab, hal itu berdampak besar pada tingkat kepercayaan masyarakat terhadap kinerja Pemko Medan,’’ pesannya.

  Selanjutnya mendekati pemilihan umum (Pemilu) 17 April mendatang, mantan anggota DPRD Medan itu mengingatkan agar seluruh Sekcam dan Seklur agar senantiasa bekerja sama dan berkoordinasi dengan Camat dan Lurah dalam mengawal kelancaran jalannya pemilu.

‘’Saya berharap seluruh aparatur pemerintah daerah saling bersinergi dan senantiasa berkoordinasi untuk mengawal jalannya pemilu mendatang. Hal tersebut agar pemilu yang berlangsung di Kota Medan dapat berjalan dengan baik dan lancar,’’ harapnya di dampingi Asisten Pemerintahan dan Sosial Setda Kota Medan Musaddad Nasution, Kadis Pekerjaan Umum (PU) Kota Medan Isa Anshari serta Kabag Tata Pemerintahan (Tapem) Setda Kota Medan Syahrul Rambe. 

Selain itu, dalam menyikapi penyelenggaraan pemilu, Wakil Wali Kota kemudian meminta kepada seluruh Sekcam dan Seklur agar bijak menyikapi berbagai berita bohong yang beredar sekaligus mengingatkan agar para ASN di lingkungan Pemko Medan untuk tidak terlibat politik praktis.

‘’Sebagai pelayan masyarakat, kita harus dapat menangkal segala berita bohong atau hoax yang banyak beredar di masyarakat. Mari kita jadikan Kota Medan sebagai barometer pelaksanaan pemilu yang aman, damai dan lancar,’’ pungkasnya.(H/KU). (SB/01)

Comments