Fikom Unika Santo Thomas Gelar Studium General Bahas Literasi Digital

sentralberita|Medan~ Fakultas Ilmu Komputer Universitas Katolik Santo Thomas gelar kuliah umum (Studium Generale) dengan topik Peran Literasi Digital dalam Revolusi Industri 4.0 yang dilaksanakan di Aula Magma, Jl. Setia Budi No.479 F, Tj. Sari, Medan, Kamis (14/3/2019).

Dekan Fakultas Ilmu Komputer Drs Lamhot Sitorus, M.Kom dalam sambutannya mengatakan bahwa kemajuan TIK telah banyak mengubah segi kehidupan manusia, termasuk didunia Pendidikan.

“Perubahan-perubahan ini juga telah menimbulkan gangguan dan perubahan dalam segi banyak kehidupan,” pungkasnya.

Pentingnya literasi digital pada era Revolusi Industri 4.0 karena ini mengingatkan peradaban saat ini yang disebut generasi ke empat.

“Satu hal yang tak dapat dibantah saat ini, teknologi digital menjadi alat ampuh untuk mampu bersaing,” ucap Lamhot.

Acara kuliah umum ini dibuka langsung oleh Rektor Universitas Katolik Santo Thomas Dr. Frietz R Tambunan

“Rektor juga menyampaikan terima kasih kepada seluruh civitas akademika terkhusus Fakultas Ilmu Komputer yang aktif mengadakan kegiatan-kegiatan ilmiah,” katanya.

Ia juga menyampaikan dalam era sekarang ini, yang penting adalah bagaimana kita bisa merubah pola pikir.

“Diakhir sambutannya dan sekaligus membuka kuliah umum, Frietz R Tambunan menyampaikan semoga acara ini dapat berjalan dengan baik,” tutupnya.

Ir. Paulus Insap Santosa, M.Sc., Ph.D sebagai narasumber pada kuliah umum ini mengatakan bahwa Industri 4.0 muncul karena teknologi Internet yang merupakan gabungan dari cyber dan physic.

“Sementara kesenjangan digital adalah ketidaksamaan peluang yang dimiliki dalam bisnis individu dan kelompok, “ucap dosen Fakultas Teknik Elektro UGM Jogyakarta ini.

Literasi menurut UU adalah kemampuan untuk memaknai informasi secara kritis, sehingga setiap orang dapat yang dapat mengakses ilmu dapat meningkatkan kualitas hidupnya.

“Literasi yang dibutuhkan saat ini adalah informasi literasi dan perangkat yang berkaitan untuk beraktifitas,” tandasnya.

Ketua Panitia pelaksana Sorang Pakpahan, MKom mengatakan bahwa tujuan kegiatan ini adalah agar mahasiswa dapat memahami era transformasi digital secara mendalam.

“Dalam laporannya, bahwa kuliah umum ini dihadiri oleh mahasiswa/i sebanyak 170 orang beserta sivitas akademika Fikom Unika Santo Thomas,” katanya. (SB/js)

2 thoughts on “Fikom Unika Santo Thomas Gelar Studium General Bahas Literasi Digital

  • Maret 23, 2024 pada 8:56 am
    Permalink

    951084 81368As I internet site owner I believe the articles here is rattling superb , thanks for your efforts. 651324

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *