Dr Prabawa : Generasi Muda Banyak Tak Paham Makna Pancasila

sentralberita|Medan~ Paska dihapuskannya Pedoman Penghayatan dan Pengamalan Pancasila (P4) maka nyaris masyarakat kita khususnya generasi muda banyak yang tidak paham tentang Pancasila dan Keindonesiaan.

Hal itu disampaikan Direktur Bina Ideologi Karakter dan Wawasan Kebangsaan Ditjen Polpum Kemendagri Dr Prabawa Eka Soesanto SSos MSi ketika memberikan sambutan sekaligus membuka acara Forum Dialog Pemantapan Pemahaman Ideologi Pancasila Bagi Mahasiswa dan Masyarakat Berbasis Keagamaan, Senin (4/3/2019) di Hotel Garuda Plaza Medan.

Prabawa menjelaskan untuk mengantisipasi itu perlu dilakukan dialog dan diskusi secara kontiniu tentang pemahaman kebangsaan keindonesiaan sehingga masyarakat tidak kehilangan jati diri sebagai warga negara Indonesia.

” Dulu kita mau sekolah saja sudah diberikan penataran pemahaman tentang pancasila lewat P4, sekarang sudah tidak ada lagi . Oleh karenanya persoalan ini merupakan tanggungjawab kita bersama, ” kata Prabawa.

Sementara itu Kepala Kesbangpol Sumut Suriadi Bahar SH,MH menyambut baik kegiatan forum dialog ini karena sangat bermanfaat bagi masyarakat dan mahasiswa di Sumut. ” Forum dialog ini sangat baik untuk lebih memahamkan makna yang terkandung dalam Pancasila dan kebangsaan khususnya di Sumut,” kata Bahar.

Bahar mengharapkan juga agar hasil dari dialog ini bisa diaplikasikan dalam kehidupan sehari – hari.

Sebelumnya laporan panitia yang disampaikan  Cek Putri Humaira melaporkan kegiatan diikuti oleh 100 orang peserta yang berasal dari  dari tokoh agama, tokoh masyarakat , mahasiswa dan pendidik.

Usai pembukaan dilanjutkan dengan dialog yang menghadirkan sejumlah Narasumber yakni Zul Masyhur ( Dosen Universitas Nasional), Iif Fikriyati (Dosen UIN Syarif Hidayatullah) Dr Mirza Nasution ( Dosen USU) Kakan Kesbangpol Sumut Suriadi Bahar.or -03

Teks foto: Direktur Bina Ideologi Karakter dan Wawasan Kebangsaan Dr Prabawa Eka Soesanto SSos, MSi bersama dengan Kakan Kesbangpol Sumut dan peserta Forum Dialog Pemantapan Pemahaman Ideologi Pancasila Bagi Mahasiswa dan Masyarakat berbasis Keagamaan Senin (4/3/2019). (SB/01/rel).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.