Catut Gubernur Irwandi Tipu Rekanan Ratusan Juta Diadili di PN Medan

sentralberita|Medan ~Terdakwa Zufri Andi Surya, warga Banda Aceh, bersama Mustafa Zardi dan Khairul Rizal (berkas terpisah), didakwa melakukan penipuan janji pekerjaan proyek terhadap kontraktor dengan nilai kerugian mencapai ratusan juta rupiah.

Hal itu diketahui, dalam sidang yang berlangsung di Ruang Cakra 3 Pengadilan Negeri (PN) Medan, Selasa (12/3). Jaksa penuntut umum (JPU) Kadlan Sinaga dalam berkas dakwaannya mengatakan, terdakwa bersama rekannya, yakni Mustafa  Zardi dan Khairul Rizal menawarkan pekerjaan terhadap kontraktor Johan. Namun ditolak Johan dan menyerahkannya ke Feriyanto. Kemudian mereka sepakat untuk bertemu.

“Mustafa Zardi meminta modal awalnya Rp280 juta untuk biaya melobi dan biaya pengurusan agar proyek penunjukan langsung tersebut mereka menangkan, Mustafa Zardi mendesak agar saksi korban secepatnya menyerahkan uangnya agar proyek  penunjukan langsungnya tidak diserahkan kepada orang lain,” ujar JPU Kadlan di hadapan majelis hakim diketuai Ali Tarigan.

Mustafa Zardi juga menjanjikan kepada saksi korban selama gubernurnya masih Irwandi masih bisa ambil  kerjaannya dalam masa jabatannya , sehingga saksi korban percaya dan yakin tidak akan menipunya.

“Ketika saksi korban pulang ke Medan ianya segera mentransfer uang sebanyak Rp280 juta, “urai JPU.

Setelah itu, mereka menawarkan proyek Dermaga PPI Calang di Provinsi Aceh senilai Rp41 miliar dengan keuntungan besar. Namun, untuk memulai proyek itu para terdakwa juga meminta Rp200 juta sebagai modal untuk memenangkan paket pekerjaan.

Modus seperti ini terus dilancarkan para terdakwa dan meyakinkan bahwa mereka mampu memberikan sejumlah proyek pekerjaan. Perbuatan itu mereka lakukan rentang bulan April hingga Agustus 2018. Namun setiap ditanyakan soal kejelasan proyek, mereka selalu beralasan masih butuh uang untuk kepentingan pengurusan. Bahkan saat menjanjikan sebuah proyek pengaspalan di area parkir Mall di Sentul mereka juga meminta modal awal.

“Terdakwa mengatakan kepada Mustafa Zardi minta modal sama Feriyanto sebanyak Rp300 juta untuk mengerjakan proyek pengaspalan. Selama satu bulan dijanjikan akan dibayar Rp500 juta,” kata JPU.

Atas suruhan terdakwa, Mustafa dan Khairul pun membujuk saksi korban agar mau mengerjakan proyek itu dengan total nilai proyek yang mereka janjikan ke korban sebesar Rp7 miliar. Lantas korban pun menyanggupinya.

“Tidak berapa lama kemudian Khairul Rizal mengirimkan foto-foto terdakwa dan Mustafa Zardi yang seolah-olah berada di proyek Pembangunan Mall Aeon Sentul, karena mengira foto-foto yang dikirim Khairul Rizal benar adanya lalu saksi korban mentransfer uang sebanyak Rp300 juta,” ungkap JPU.

Bahkan, dalam salah satu proyek yang dijanjikan, korban mempertanyakan ke mana semua uang yang sudah di transfer beberapa kali ke terdakwa. Namun dikatakan terdakwa, uang sebagian ia berikan kepada Walikota dan Gubernur. Namun karena saat itu Gubernur Irwandi Yusuf sedang terjerat kasus. Uang itu dianggap hangus. Namun terdakwa berjanji akan tetap tanggung jawab dan akan mengembalikan uang itu.

Namun pada akhirnya, perbuatan Zufri, Mustafa Zardi dan Khairul Rizal  dengan melakukan tipu muslihat diketahui koban. Ternyata, para terdakwa tidak mempunyai kewenangan untuk memberikan proyek atau pekerjaan tersebut kepada saksi korban karena setiap proyek pekerjaan harus melewati prosedur lelang sebagaimana ketentuan perundang-undangan. Akibatnya korban tertipu ratusan juta dan melaporkan para terdakwa. 

Jaksa menilai, perbuatan terdakwa merupakan kejahatan bersama sebagaimana diatur dan diancam Pidana dalam pasal 372  KUHP jo Pasal 55 ayat (1) ke- 1 KUHP Jo Pasal 65 ayat (1) KUHP. ( SB/FS )

3 thoughts on “Catut Gubernur Irwandi Tipu Rekanan Ratusan Juta Diadili di PN Medan

  • November 15, 2023 pada 7:19 am
    Permalink

    160646 682710This plot doesnt reveal itself; it has to be explained. 295110

  • Januari 10, 2024 pada 12:14 pm
    Permalink

    38715 330345Thank you for your fantastic post! It has long been extremely valuable. I hope which you will proceed sharing your wisdom with us. 576617

  • Januari 17, 2024 pada 1:19 am
    Permalink

    922309 424168This internet website may be a walk-through its the data you wanted in regards to this and didnt know who should. Glimpse here, and youll definitely discover it. 479429

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *